SIDAK 7 Oktober: 6 Berita Aktual Hari Ini

sneakers Najwa Shihab

Jakarta

Pembelaan netizen kepada Najwa Shihab usai dilaporkan ke polisi buntut wawancara ‘kursi kosong’ yang dialamatkan kepada Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjadi berita hangat hari ini. Anak STM ikut dalam unjuk rasa tolak Undang-Undang Cipta Kerja juga populer di mesin pencarian Twitter.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul ‘SIDAK!: 07/10/2020 KOMENTAR NETIZEN TENTANG ANAK STM DEMO OMNIBUS LAW’ yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Anak STM Ramai Dibahas Netizen Terkait Aksi Demo Omnibus Law

Tagar dan kata kunci ‘Anak STM’ populer di Twitter. Tagar tersebut telah dicuit sebanyak 55 ribu kali.

Dilansir CNN Indonesia (7/10/2020) Anak STM menjadi perbincangan setelah undangan ajakan aksi protes Omnibus Law di DPR untuk STM di Jabodetabek tersebar di media sosial.

Beberapa Warganet pun bernostalgia ketika anak STM ikut unjuk rasa pada September 2019 di DPR. Satu tahun yang lalu, sebagian pelajar STM ikut melakukan aksi protes pembatalan revisi UU KPK dan penundaan RKUHP bersama dengan aksi mahasiswa.

Baca juga: 39 Pelajar Diamankan di DKI, Polisi: Mereka Terima Undangan Demo di DPR

Sementara itu, Polda Metro Jaya mengamankan puluhan remaja di beberapa lokasi. Mereka diamankan karena hendak melakukan aksi unjuk rasa di sekitar DPR setelah menerima undangan via media sosial.

“Hari ini memang kita mengamankan 39 orang yang sekarang masih kita datakan. Di mana ada indikasi bahwa 39 ini anak SMA, STM, pengangguran,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada com di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Yusri menegaskan para remaja ini tidak ada kaitannya dengan agenda demo buruh atau mahasiswa yang menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

2. Netizen Terus Dukung Najwa Usai Dilaporkan ke Polisi

Warganet ramai memberikan dukungan kepada Najwa Shihab usai dilaporkan ke polisi oleh Relawan Jokowi Bersatu. Najwa Shihab dilaporkan setelah memberikan beberapa pertanyaan pada ‘bangku kosong’ yang seolah-olah Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dalam program Mata Najwa.

Menurut Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, aksi Najwa Shihab wawancara ‘kursi kosong’ itu merupakan tindakan cyber bullying. Dia menyebut parodi itu tidak beleh dilakukan kepada pejabat negara.

“(Tindakan yang dipersangkakan) cyber bullying karena narasumber tidak hadir kemudian diwawancarai dan dijadikan parodi. Parodi itu suatu tindakan yang tidak boleh dilakukan kepada pejabat negara, khususnya menteri,” kata Silvia kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: Diadukan Relawan Jokowi Bersatu, Najwa Shihab Jelaskan soal Kursi Kosong

Namun laporan Silvia ditolak polisi. Polisi mengarahkan Silvia untuk melapor ke Dewan Pers karena Najwa Shihab adalah seorang jurnalis, yang dilindungi oleh UU Pers.

“Jadi tadi diarahkan oleh polisi ke Dewan Pers karena kasus ini ada hukum yang berlaku di luar hukum perdata dan pidana. Diminta rekomendasi dan referensi (Dewan Pers). Contohnya Dewan Pers punya UU Pers mana saja pasal yang dilanggar. Kode etik mana yang dilanggar, gitu,” jelasnya.

3. Eddie Van Halen Meninggal, Anak dan Istri Merasa Terpukul

Gitaris hard rock Edward Lodewijk van Halen atau Eddie Van Halen meninggal dunia Selasa kemarin pada usia 65 tahun. Anak dan istrinya merasa terpukul atas peristiwa duka itu.

Berita meninggalnya musisi kelahiran Amsterdam, 26 Januari 1955 itu diumumkan oleh anaknya, Wolf Van Halen di akun Twitter-nya @WolfVanHalen.

“Saya masih tidak percaya saya harus menulis ini, namun ayahku, Edward Lodewijk Van Halen, telah usai dari perjalanan panjang dan sulit dalam melawan kanker pagi ini,” tulis Wolf seperti dilihat com, Selasa (7/10/2020).

“Dia adalah ayah terbaik yang pernah saya miliki. Setiap momen yang akan lewati bersamanya di atas dan di balik panggung adalah hadiah,” sambungny.

“Hatiku hancur dan aku rasa aku tidak akan bisa pulih dari kehilangan ini. Aku mencintaimu, Yah,” kata dia lagi.

Baca juga: Gitaris Legendaris Rock Eddie Van Halen Tutup Usia

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Ketua MPR Minta Masyarakat Tidak Percaya Hoax Terkait Omnibus Law

Rab Okt 7 , 2020
Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan pengesahan UU Cipta Kerja yang dilakukan DPR RI bersama pemerintahan Presiden Joko Widodo, bertujuan untuk mempermudah masuknya investasi, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan kompetensi tenaga kerja Indonesia sehingga meningkatkan daya saing Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tidak […]