SIDAK 29 Agustus: 5 Berita Aktual Hari Ini

Polsek Ciracas, Jakarta Timur (Jaktim), dirusak sejumlah orang pada dini hari tadi. Berikut foto-foto suasana terkininya.

Jakarta

Perusakan Polsek Ciracas, Jakarta Timur menjadi perbincangan hangat hari ini, pasalnya Mapolsek Ciracas dirusak 100 orang tak dikenal. Selain itu, pencabutan keputusan ganja sebagai tanaman obat binaan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) juga menjadi berita populer hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video berjudul SIDAK!: 29/8/2020 CHADWICK BOSEMAN MENINGGAL SAMPAI MENTAN CABUT ATURAN GANJA yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Video tersebut tayang setiap harinya pukul 21.00 WIB. SIDAK adalah rangkuman berita hari ini yang dikemas secara ringan.

Berikut 5 berita populer hari ini:

1. Aktor Black Panther Chadwick Boseman Meninggal Dunia
Aktor Chadwick Boseman meninggal dunia hari ini karena kanker usus besar. Kepergian bintang Black Panther itu meninggalkan duka mendalam.

Bintang Marvel itu tutup usia di kediaman pribadinya di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat. Dia meninggal pada usia 43 tahun didampingi istrinya, Taylor Simone Ledward.

Sebelum meninggal, Chadwick Boseman sempat dilarikan ke rumah sakit di Santa Monica Medical Center, California, dengan menggunakan kursi roda. Dia terlihat kurus dengan pipi yang sangat tirus.

Pihak Marvel Studios pun mengucapkan rasa kehilangan yang teramat besar terhadap bintang Black Panther tersebut. Marvel Studios pun mengunggah foto ikonik saat Chadwick Boseman sedang berlaga dalam film Black Panther. Tanda tangan silang di bagian dada sebagai lambang Wakanda yang diunggah Marvel.

“Hati kami hancur dan pikiran kami tertuju pada keluarga Chadwick Boseman. Warisan Anda (Chadwick Boseman) akan hidup selamanya. Istirahat dengan damai,” ucap Marvel Studios di akun Instagram, Sabtu (29/8/2020).

Aksinya dalam Black Panther di antara kerajaan Wakanda mendapat tempat spesial di hati masyarakat. Sebelum Black Panther, Chadwick Boeman pernah bermain dalam film Marvel lainnya yang berjudul Captain America: Civil War.

2. Mentan Yasin Limpo Cabut Aturan Ganja Tanaman Obat Binaan

Kementan mencabut keputusan nomor 104/2020 yang salah satunya memuat ganja jadi komoditas binaan pertanian. Kementan akan merevisi keputusan tersebut.

“Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo konsisten dan berkomitmen mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Kepmentan 104/2020 tersebut sementara akan dicabut untuk dikaji kembali dan segera dilakukan revisi berkoordinasi dengan stakeholder terkait (BNN, Kemenkes, LIPI),” kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan Tommy Nugraha seperti dilansir situs Kementan, Sabtu (29/8/2020).

Kementan menjelaskan tanaman ganja adalah jenis tanaman psikotropika dan selama ini telah masuk dalam kelompok tanaman obat sejak 2006 dengan Kepmentan 511/2006. Pada 2006, pembinaan yang dilakukan adalah mengalihkan petani ganja untuk bertanam jenis tanaman produktif lainnya, dan memusnahkan tanaman ganja yang ada saat itu.

Tommy mengatakan Kementan pada prinsipnya memberikan izin usaha budi daya pada tanaman sebagaimana dimaksud pada Kepmentan 104/2020, namun dengan tetap memperhatikan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan.

“Komitmen Mentan SYL (Syahrul Yasin Limpo) dalam hal ini di antaranya memastikan pegawai Kementan bebas narkoba serta secara aktif melakukan edukasi bersama BNN (Badan Narkotika Nasional) terkait pengalihan ke pertanian tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan, pada daerah-daerah yang selama ini menjadi wilayah penanaman ganja secara ilegal,” ujar Tommy.

3. Alasan Bali Jadi Proyek Percontohan Wisata di Tengah Pandemi

Bali mulai membuka pintu untuk wisatawan Nusantara dari akhir bulan Juli 2020. Pulau Dewata menjadi destinasi pertama untuk dipulihkan pariwisatanya oleh pemerintah.

“Saat seperti ini, kita memilih mana yang akan di-rebound duluan. Nah, Bali itu memiliki impact luar biasa, entah berita itu negatif atau positif atau buruk. Jadi apapun yang dilakuBali ini memiliki dampak yang luar biasa bagi kemajuan pariwisata Indonesia,” kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam perbincangan dengan Dirut Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Wishnutama mengatakan bahwa hampir 50 persen wisatawan asing datang ke Indonesia memiliki tujuan berlibur ke Bali. Oleh karena itu, pulau Dewata menjadi panutan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita tahu bahwa lebih dari 40 persen wisatawan asing pada 2019 datangnya langsung ke Bali. Belum yang lewat Soetta dan yang lain. Artinya Bali ini sangat strategis. Sangat penting kita mengimplementasikan protokol kesehatan sebaik-baiknya dan menjadi model buat destinasi lain di Indonesia,” dia menambahkan.

Wishnutama menjelaskan, ketika penerapan protokol kesehatan di Bali sudah dilakukan dengan baik, maka efeknya akan menjalar ke sektor lain. Dan ia menegaskan bahwa Bali ada di posisi yang sangat strategis bagi Indonesia.

“Itu juga bisa menjadi good news-lah buat penanganan COVID-19 Indonesia ke luar negeri. Jadi sebenarnya, kalau kita berhasil menjalankan protokol kesehatan di Bali, memberi persepsi positif di dunia internasional, bukan hanya sektor pariwisata saja yang mendapat keuntungan, investasi dan lain-lain,” kata Wishnutama.

“Karena Bali menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Jadi memang Bali ini sangat strategis,” sambungnya.

4. Polsek Ciracas Dirusak Bermula dari Isu Prajurit Dikeroyok

Polsek Ciracas, Jakarta Timur dirusak sekelompok orang tak dikenal pada Sabtu (29/8/2020) dini hari. Pihak kepolisian menyebut penyerangan itu awalnya dipicu ada seorang anggota TNI yang menyebarkan isu bahwa dirinya menjadi korban pengeroyokan.

“Karena memang ada indikasi bahwa asal-muasal kejadian itu bermula dengan adanya seseorang anggota TNI, hasil penyelidikan tim terpadu,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Polsek Ciracas dirusak sekelompok orang tak dikenal dan disebut-sebut ada 100 orang yang terlibat. Sebanyak dua mobil yang berada di halaman Polsek Ciracas dibakar dan dirusak oleh sekelompok orang tak kenal itu.

TNI dan Polri membentuk tim gabungan untuk mengusut kasus tersebut. Sejauh ini, sudah ada 10 saksi yang diperiksa.

“Sampai malam ini sudah 10 saksi yang sudah diperiksa,” kata Danpuspom TNI Mayjen Eddy Rate Muis, saat jumpa pers, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (29/8/2020).

“Saksi berarti orang yang mengetahui ataupun melihat kejadian tersebut. Jadi sampai malam ini pukul 20.00 itu sudah 10 saksi yang sudah diperiksa,” ujarnya.

5. Kanye West Gugat KPU AS Supaya Bisa Nyapres di Wisconsin

Rapper Kanye West mengajukan gugatan pada Jumat (28/9) waktu setempat. Gugatan itu diajukan ke Pengadilan Brown County.

Dilansir kantor berita AP, Sabtu (29/8/2020), Kanye West menuntut pejabat pemilihan umum menempatkannya pada pemungutan suara presiden di Wisconsin pada November 2020 mendatang.

Komisi Pemilihan Ummum setempat memutuskan pekan lalu bahwa West melewatkan batas waktu pengajuan pencalonannya pada pukul 5 sore waktu setempat. West disebut terlambat beberapa hingga beberapa menit pada 4 Agustus lalu.

Gugatan tersebut menyatakan bahwa batas waktu pengajuan tidak berakhir sampai 5.01 sore dan staf KPU seharusnya tetap menerima dokumen tersebut. Dalam gugatan itu, West juga menuduh staf KPU seharusnya membuka kunci pintu gedung pada pukul 4.30 sore waktu setempat untuk mengakomodasi pelapor yang datang terlambat.

Gedung KPU AS memang sudah dikunci sejak pandemi virus Corona. Para anggota kampanye West menyatakan harus menghubungi KPU sebelum pukul 5 sore agar mereka membuka kunci gerbang gedung tersebut.

(azr/jbr)

Next Post

Lagi, TNI AL Tangkap Kapal Berbendera Vietnam Curi Ikan di Laut Natuna

Sab Agu 29 , 2020
NATUNA – TNI AL kembali menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) BV 92398 TS asal Vietnam yang melakukan illegal fishing di wilayah Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara, Sabtu (29/8/2020). KRI Tjiptadi-381 BKO Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I yang sedang melaksanakan operasi rutin di Perairan Natuna […]