Siapa yang Akan Menjadi Orang Tahun TIME untuk 2023? Lihat Daftar Pendeknya

(SeaPRwire) –   Para editor sedang mempersiapkan pengumuman TIME’s Person of the Year 2023—seleksi tahunan TIME atas individu, kelompok, atau konsep yang paling memengaruhi dunia sepanjang 12 bulan sebelumnya.

Dalam tradisi yang dimulai sejak 1927, Person of the Year TIME adalah penunjukan tahunan untuk orang, kelompok atau konsep yang paling membentuk judul berita, untuk kebaikan atau keburukan. Seleksi sebelumnya meliputi U.S. , , Kanselir Jerman , , dan aktivis .

Pada 2022, Person of the Year TIME adalah dan “.”

Person of the Year 2023 akan diumumkan pada Rabu pagi.

Sembilan kandidat, yang namanya diungkapkan Senin pagi selama acara Today NBC, berada dalam pertimbangan untuk seleksi tahunan TIME. Berikut adalah finalisnya.

Hollywood strikers

Penulis naskah dan aktor Hollywood melakukan mogok sepanjang tahun, menghentikan proses pembuatan dan pengambilan gambar untuk acara dan film baru maupun yang sedang berjalan—sebuah demonstrasi kekuatan dari baik buruh maupun industri hiburan. Baik ​​Writers Guild of America (WGA) maupun Screen Actors Guild (SAG)-AFTRA telah melanjutkan pekerjaan; WGA sudah menandatangani kontrak baru sementara SAG memiliki persetujuan sementara dan belum meratifikasi kontrak barunya dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers.

Xi Jinping

Presiden Cina Xi Jinping memasuki 2023 beberapa bulan menjadi masa jabatan ketiga tanpa henti, memperkuat peranannya sebagai salah satu . Xi sudah masuk daftar TIME100, yang menghormati 100 figur global paling berpengaruh, lebih dari 10 kali. Dia juga runner-up untuk .

Taylor Swift

Artis Grammy-award winning Taylor Swift telah memiliki tahun besar, dari merilis ulang albumnya dengan streaming rekor-memecahkan hingga membuat salah satu sepanjang masa. Tur Eras Swift juga dijalankan untuk menjadi tur sepanjang masa. Bintang pop ini sebelumnya masuk , bersama “Silence Breakers” lainnya yang berbicara terhadap pelecehan seksual.

Sam Altman

Hanya dalam beberapa minggu terakhir saja, Sam Altman telah membuat berita berulang kali karena pengunduran dirinya (dan kembali dengan cepat) dari posisi CEO OpenAI, perusahaan yang merilis ChatGPT yang membentuk, yang telah mendefinisikan lanskap AI saat ini. Dia sebelumnya masuk serta .

Trump Prosecutors

Donald Trump menjadi Presiden AS pertama yang , dituduh dalam empat kasus terpisah dengan lebih dari 90 tuduhan. Tuntutan pidana telah diajukan oleh jaksa penuntut di Florida, Georgia, New York, dan Washington, D.C., karena gangguan pemilu, memegang dokumen rahasia secara ilegal, dan memalsukan catatan bisnis.

Barbie

Para penggemar—terutama wanita dan gadis—berbondong-bondong ke bioskop untuk menyaksikan film live-action Barbie pertama, film paling ditunggu-tunggu tahun ini, dibintangi Margot Robbie dan Ryan Gosling. Film ketiga Greta Gerwig ini menjadi , mendapatkan $1,4 miliar dan fashion, aksesoris, dan merchandise pink lainnya di toko-toko di seluruh dunia. Film ini menunjukkan kemungkinan untuk kesuksesan bioskop masih ada bahkan di era streaming.

Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menjabat sebagai Presiden atau Perdana Menteri Rusia sejak 1999, terus melancarkan perang di Ukraina, kini memasuki tahun kedua setelah invasi skala penuh. Putin menghadapi ancaman singkat kekuasaannya pada 2023 selama pemberontakan Wagner, namun pengaruhnya hanya diperkuat pada akhirnya, karena kelompok bersenjata ini mundur ketika kesepakatan ditengahi oleh Presiden Belarus Alexander Lukashenko. (Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Wagner, kemudian meninggal dalam kecelakaan pesawat). Putin adalah Person of the Year TIME 2007 dan pernah masuk daftar TIME100 berulang kali, .

King Charles III

Setelah menunggu tahta selama dekade, Raja Charles III sebagai kepala monarki Inggris, dan wilayah lainnya, pada Mei ini. Di saat perubahan untuk monarki, ia menandakan kekuatan tradisi. Ibundanya, , dinobatkan sebagai Person of the Year ketika naik tahta pada 1952.

Jerome Powell

Jerome Powell, yang menjabat sebagai Ketua Federal Reserve sejak Februari 2018, memainkan peran kunci mengelola inflasi tinggi di AS, mencoba merancang “pendaratan lembut” mengurangi inflasi dengan menaikkan suku bunga tanpa menimbulkan resesi—tujuan yang dirasakan di dompet warga Amerika dan ekonomi di seluruh dunia. Dia pernah masuk daftar TIME100 dua kali (di dan ).

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Filipina Menuduh Cina 'Menggeromboli' Terumbu Karang di Lepas Pantainya. Ini yang Perlu Anda Ketahui

Sen Des 4 , 2023
(SeaPRwire) –   Sekitar 135 kapal Tiongkok terlihat di dekat Terumbu Karang Whitsun di lepas pantai provinsi pulau Filipina barat Palawan pada akhir pekan ini. Meskipun belum jelas secara pasti apa yang sedang dilakukan kapal-kapal tersebut di sana, para ahli memberitahu TIME bahwa ini kemungkinan merupakan penampakan terbaru kekuatan maritim […]