Jakarta () – Berikut adalah berita humaniora sepekan yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, di nya pengungsi erupsi Gunung Semeru, penularan COVID-19 masih terkendali, dan patahan gempa Cianjur merupakan patahan baru.

BNPB: Sebanyak 1.979 jiwa mengungsi akibat awan panas guguran Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik setelah adanya luncuran awan panas guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur, Minggu.

Presiden: Tak semua rumah di desa terdampak gempa direlokasi

Presiden Joko Widodo mengatakan tidak semua rumah di desa terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan direlokasi, dan hanya yang dititik rawan dan pusat gempa akan dipindahkan, sedangkan rumah yang dinilai aman dari pusat gempa dapat dibangun kembali.

Menteri Kesehatan menilai penularan COVID-19 masih terkendali

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menilai penularan COVID-19 di Indonesia masih tergolong terkendali pada awal Desember 2022, beberapa pekan menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru.

Pemkab Kudus apresiasi temuan spesies endemik cicak batu muria

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengapresiasi tim peneliti yang menemukan spesies endemik asal Gunung Muria, cicak batu muria, dengan habitat di sungai dan perkebunan kopi.

BPOM cabut izin edar obat sirop produksi PT REMS
​​​
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mencabut izin edar obat sirop produksi PT Rama Emerald Multi Sukses (REMS) karena menunjukkan kadar cemaran zat kimia berbahaya melebihi ambang batas aman.

BPBD: Gempa tidak menimbulkan kerusakan signifikan di Jember

Gempa dengan magnitudo 6,2 yang terjadi pada Selasa (6/12) siang tidak menimbulkan kerusakan signifikan di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, menurut pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

BMKG: Patahan gempa Cianjur merupakan patahan baru

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa di Cianjur, Jawa Barat merupakan patahan baru yang dinamakan Patahan Cugenang.

Presiden Joko Widodo serahkan bantuan gempa Cianjur tahap pertama

Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis, menyerahkan uang bantuan tahap pertama untuk 8.100 orang korban gempa Cianjur yang akan digunakan untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak.

Epidemiolog sebut Indonesia memasuki era mix varian COVID-19

Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman mengatakan pandemi COVID-19 di Indonesia memasuki era mix varian yang berpotensi dapat melahirkan mutasi super.

Presiden Jokowi mendoakan Kaesang dan Erina harmonis sepanjang masa

Presiden Joko Widodo mendoakan putera bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono yang telah sah menjadi sepasang suami-istri agar hidup rukun dan harmonis sepanjang masa.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © 2022