Jakarta () – Berikut adalah berita humaniora sepekan yang menarik perhatian pembaca dinya tetap ada pembatasan meski PPKM level 3 tidak diterapkan pada periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dan vaksin lengkap syarat perjalanan Natal-Tahun Baru.

Ada juga berita tentang varian Omicron belum ditemukan di Indonesia, kajian komprehensif penentu relokasi wilayah terdampak letusan Semeru, dan korban meninggal akibat awan panas guguran Gunung Semeru menjadi 46 jiwa sampai Sabtu (11/12).

Pemerintah perpanjang PPKM luar Jawa-Bali 7 hingga 23 Desember

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 luar Jawa-Bali mulai 7 hingga 23 Desember 2021.

"Khusus luar Jawa-Bali akan ada perpanjangan PPKM tanggal 7 sampai dengan 23 Desember 2021," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Moeldoko pastikan tetap ada pembatasan meski PPKM level 3 batal

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan tetap ada pembatasan meski pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 batal diterapkan pada periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Pemerintah wajibkan vaksin lengkap syarat perjalanan Natal-Tahun Baru

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mewajibkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap sebagai salah satu syarat perjalanan selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 sebagai upaya menekan laju penularan virus corona.​​​​​​​

Waspada Omicron, vaksinasi kelompok rentan dan anak-anak digencarkan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah terus mendorong vaksinasi COVID-19 bagi kelompok rentan dan anak-anak sebagai upaya membatasi penyebaran COVID-19 varian Omicron.

Tanah panas, kendala pencarian korban guguran Gunung Semeru

Kondisi tanah yang masih panas menjadi kendala dalam pencarian korban hilang akibat awan panas dan guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Kendalanya, tanahnya masih dalam kondisi panas, jadi alat berat pun tidak berarti untuk pencarian," ujar Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru yang juga Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Infanteri Irwan Subekti dalam konferensi pers yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Kemenkes nyatakan temuan Omicron di Bekasi tidak benar

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi laporan temuan kasus Omicron (B.1.1.529) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, adalah tidak benar.

​​​​Pemerintah targetkan vaksinasi lengkap selesai Maret-April 2022

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan pemerintah lewat Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi dua dosis selesai dilakukan pada Maret atau April 2022 ketika jumlah penerima dosis pertama saat ini telah mencapai hampir 70 persen dari target pemerintah.

Jubir: Tetap waspada meski Omicron belum ditemukan di Indonesia

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro meminta seluruh pihak untuk tetap waspada meski pengurutan genom dari Indonesia masih belum menemukan adanya varian Omicron di Tanah Air.

Kajian komprehensif penentu relokasi wilayah terdampak letusan Semeru

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan melakukan kajian komprehensif akan menentukan kemungkinan pengembangan wilayah untuk relokasi desa tertimbun letusan Gunung Semeru.

Ratusan rumah di Lombok Tengah direndam banjir

Ratusan rumah warga di Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tergenang banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi selama seharian.

BNPB: Korban meninggal akibat awan panas guguran Semeru jadi 46 jiwa

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan korban meninggal akibat awan panas guguran Gunung Semeru menjadi 46 jiwa sampai Sabtu (11/12) pukul 18.00 WIB.

Vaksinasi COVID-19 usia 6-11 tahun dimulai di Jawa-Bali

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menggelar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada kelompok usia 6-11 tahun di wilayah Jawa-Bali pada 24 Desember 2021.

"Dimulai di Jawa-Bali dan mungkin ada tambahan beberapa kabupaten luar Jawa dan Bali," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © 2021