Jakarta () – Sejumlah berita sepekan yang menarik untuk disimak mulai dari WHO memutuskan cacar monyet berstatus darurat kesehatan masyarakat hingga permukaan air Sungai Cileungsi berbusa. Berikut berita-berita tersebut :

 

1. WHO: Cacar monyet berstatus darurat kesehatan masyarakat internasional
 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

 

Direktur Jendral WHO Tedros Adhanom Gebreyesus dalam sambutan tertulisnya diikuti di Jakarta, Minggu, mencatat sebulan yang lalu ada 3.040 kasus cacar monyet dari 47 negara telah dilaporkan ke WHO.

2. Kemenkes aktifkan surveilans guna cegah persebaran cacar monyet

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengaktifkan sistem surveilans di seluruh pintu masuk ke wilayah Indonesia guna mencegah persebaran penyakit cacar monyet menyusul munculnya kasus penularan penyakit tersebut di sejumlah negara, termasuk negara-negara di kawasan Asia.

Baca juga: Kemenkes aktifkan surveilans guna cegah persebaran cacar monyet
 

3. Pemerintah siapkan komponen deteksi cacar monyet di Indonesia

 

Pemerintah menyiapkan komponen deteksi awal penyakit cacar monyet di Indonesia dengan ditetapkannya status darurat kesehatan internasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Pemerintah siapkan komponen deteksi cacar monyet di Indonesia

 

4. Sungai Cileungsi berbusa

 

Permukaan air Sungai Cileungsi di Desa Bojong Kulur, Gunungputri, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, berbusa dan mengeluarkan aroma tidak sedap pada Rabu. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Ade Yana Mulyana mengatakan bahwa pemerintah memantau aliran sungai untuk mengidentifikasi titik awal pencemaran sungai.

Baca juga: Sungai Cileungsi berbusa dan keluarkan aroma tak sedap

 

5. Menkes: Perilaku hidup sehat dapat tingkatkan kualitas hidup

 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup sehat karena dapat meningkatkan kualitas hidup masing-masing individu.

 

Baca juga: Menkes: Perilaku hidup sehat dapat tingkatkan kualitas hidup

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022