Jakarta () –

Sejumlah berita humaniora pada sepekan terakhir yang menarik perhatian pembaca dan masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari Kanada salurkan bantuan untuk lindungi gambut di Sumatra Selatan hingga Mendagri apresiasi penanganan COVID-19 di Gorontalo.
 
Adapula berita tentang program kartu prakerja di Provinsi Kalimantan Barat hingga Pemerintah Provinsi Aceh Barat menargetkan vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan tuntas pada Desember.
 
Berikut sejumlah berita pilihan pada sepekan:
 
1. Kanada salurkan bantuan untuk lindungi gambut Sumsel
Pemerintah Kanada menyalurkan bantuan dana untuk melindungi ekosistem gambut di Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai wujud dukungan terhadap Indonesia yang berupaya mengurangi dampak perubahan iklim.
 
Kepala Kerja Sama Kedutaan Besar Kanada untuk Indonesia Kevin Tokar mengatakan pihaknya berkomitmen menggelontorkan dana Rp190 miliar untuk pengelolaan lahan yang lebih baik di tiga provinsi Indonesia, termasuk Sumsel.
 
“Sumsel merupakan daerah kedua terbesar untuk ekosistem gambut di Indonesia, sehingga kami menilai perlu memberikan dukungan,” kata Kevin setelah acara konsultasi publik dokumen Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Ekosistem Gambut (RPPEG) Sumsel di Palembang, Senin.

 
2. Kartu Prakerja catat 288 ribu peserta di Kalimantan Barat
 
Program Kartu Prakerja terus mendorong peningkatan kompetensi generasi muda di Provinsi Kalimantan Barat dengan mencatatkan 288.200 peserta dan menyalurkan insentif dengan nilai total Rp667.5 miliar.
 
“Pencapaian ini menunjukkan sinyal kuat bahwa Pemerintah lewat Program Kartu Prakerja hadir dan berdampak positif bagi masyarakat di berbagai lapisan, termasuk daerah tertinggal dan pedalaman,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari di saat menghadiri ‘Temu Alumni Kartu Prakerja’ di Sintang, Kalimantan Barat, Kamis.

Baca juga: Kartu Prakerja catat 288 ribu peserta di Kalimantan Barat

 
3. Dinkes Aceh Barat: Vaksinasi dosis empat nakes tuntas Desember
 
Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menargetkan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua bagi tenaga kesehatan di daerah tersebut tuntas pada Desember 2022.
 
“Insya Allah, jika tidak ada kendala, pelaksanaan booster kedua ini tuntas pada Desember 2022,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah di Meulaboh, Jumat (2/9).

Baca juga: Dinkes Aceh Barat: Vaksinasi dosis empat nakes tuntas Desember

 
4. Dance Sangkek pimpin Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Sorong
 
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menunjuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat Dance Sangkek sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Sorong.
 
Penunjukan Dance Sangkek sebagai Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Sorong setelah Gubernur Waterpauw menggelar rapat kerja dengan Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso di Sorong, Papua Barat, Selasa.

Baca juga: Dance Sangkek pimpin Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Sorong

 
5. Mendagri apresiasi penanganan COVID-19 di Gorontalo
 
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi gubernur, bupati, walikota, dan Forkopimda dalam penanganan COVID-19 di Provinsi Gorontalo.
 
“Dari data-data yang ada, angka COVID-19 di Gorontalo relatif terkendali. Namun, kita harus tetap waspada karena angka yang rendah bukan berarti tidak ada kasus,” katanya usai melakukan rapat koordinasi dengan kepala daerah di Provinsi Gorontalo, Kamis.

Baca juga: Mendagri apresiasi penanganan COVID-19 di Gorontalo

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022