Sejarah Super Bowl

Sejarah Super Bowl

(SeaPRwire) –   Hanya beberapa ajang olahraga menarik banyak perhatian dan antusias seperti Super Bowl. Sekarang ini ajang ini merupakan hari libur nasional secara de facto, momen langka ketika puluhan juta warga Amerika Serikat terlibat dalam aktivitas yang sama. Namun, tidak selalu seperti itu.

Sebelum maraknya televisi, Super Bowl bukanlah fenomena budaya. didemokratisasi untuk menikmati football, memungkinkan permainan untuk memperluas jangkauannya. disebutnya “Super Show” pada tahun 1977, dan membandingkan pengaruh kulturnya dengan pemilihan presiden atau menonton astronot Amerika berjalan di bulan: “Melalui teknik televisinya yang canggih dan mahal, football telah ditempa menjadi pengalaman bersama terbesar di negara ini.”

Pertandingan tahun lalu berhasil menjadi siaran televisi ketiga yang paling banyak ditonton dalam sejarah, dengan sekitar 113 juta orang diperkirakan hadir menyaksikan pertandingan, pertunjukan paruh waktu, dan lain-lain.

Baca di bawah ini untuk mengetahui lebih banyak fakta menyenangkan tentang sejarah Super Bowl.

Siapa yang menciptakan Super Bowl?

Super Bowl pertama diadakan pada tahun 1967 setelah dua liga football yang bersaing—NFL dan AFL—menegosiasikan sebuah perjanjian penggabungan di mana mereka secara resmi bergabung bersama dan bermain pertandingan kejuaraan di akhir setiap musim. Pemilik tim dari kedua liga menegosiasikan kesepakatan itu, dan berharap ini akan menghasilkan lebih banyak keuntungan dan kompetisi yang lebih baik.

Lamar Hunt, pemilik Kansas City Chiefs AFL yang berperan aktif dalam negosiasi penggabungan, dengan bercanda menyarankan agar pertandingan kejuaraan baru itu dinamakan “Super Bowl,” mendapatkan inspirasi dari mainan “Super Ball” milik anak-anaknya. “Jika memungkinkan saya percaya kita harus ‘menciptakan frasa’ untuk Pertandingan Kejuaraan,” tulis Hunt kepada Komisaris NFL Pete Rozelle pada tahun 1966. “Saya hanya bercanda menyebutnya ‘Super Bowl’, yang jelas bisa lebih baik.” Hunt kemudian mengatakan bahwa nama tersebut “terlalu klise” untuk digunakan di panggung besar itu, dan Rozelle mengusulkan untuk menyebutnya “Big One” atau “Pro Bowl.”

Saat mereka mencari , pertandingan pertama antara kedua liga itu disebut sebagai “Pertandingan Kejuaraan Dunia AFL-NFL,” meskipun para penulis olahraga dan penggemar menganggap nama itu tidak mudah diingat. Pada tahun 1969, julukan Super Bowl menjadi judul resminya dan kedua liga merger pada tahun 1970.

Super Bowl I Green Bay Packers

Tim mana yang memenangkan Super Bowl pertama?

Green Bay Packers dari NFL, dipimpin oleh Vince Lombardi, pelatih Hall of Fame, mengangkat trofi kejuaraan pertama pada tahun 1967 setelah menang 35-10 atas Kansas City Chiefs dari AFL. Bart Starr, gelandang Packers, dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga, setelah menyelesaikan 16 dari 23 operan untuk 250 yard dan dua skor selama pertandingan.

Itulah satu-satunya pertandingan Super Bowl dalam sejarah yang gagal terjual habis, dengan tiket sekitar $10 sampai $15, dan pertandingan itu menampilkan tim-tim dari kota-kota kecil di Midwestern. Hiburannya juga tidak menampilkan kekuatan bintang yang sama seperti yang ada di Super Bowl berikutnya, namun University of Arizona marching band, pemain terompet Al Hirt, dan dua pria dengan ransel jet berseliweran di langit. Sebanyak 4.000 ekor burung merpati juga dilepas, beberapa di antaranya meninggalkan kotoran di kerumunan penonton.

Setelah pertandingan, Lombardi menuturkan kepada para wartawan bahwa bahkan tim terbaik di AFL “tidak sebanding dengan tim terbaik di NFL.” Dua tahun kemudian, sebuah tim AFL memenangkan Super Bowl pertamanya ketika New York Jets, yang dipimpin oleh gelandang Hall of Fame Joe Namath, mengejutkan Baltimore Colts dari NFL dengan skor 16-7 di Super Bowl III.

Tim mana yang telah memenangkan Super Bowl paling banyak?

Pittsburgh Steelers dan New England Patriots sama-sama mengoleksi kemenangan di Super Bowl terbanyak dalam sejarah NFL dengan masing-masing enam kali kemenangan, diikuti oleh San Francisco 49ers dan Dallas Cowboys dengan masing-masing mengoleksi lima kali kemenangan.

Kansas City Chiefs, yang akan menghadapi 49ers di Super Bowl LVIII, adalah juara tiga kali dan telah tampil dalam empat dari lima Super Bowl terakhir. Penampilan terakhir 49ers di Super Bowl adalah pada tahun 2020—dan juga melawan Chiefs.

Meskipun Chiefs dan 49ers terbiasa dengan panggung besar itu, ada 12 tim yang belum memenangkan Super Bowl dan empat tim yang tidak pernah tampil di sana, termasuk Detroit Lions yang tersingkir secara tipis di pertandingan kejuaraan NFC tahun ini. Tim-tim lain yang tidak pernah tampil di Super Bowl adalah Cleveland Browns, Jacksonville Jaguars, dan Houston Texans.

sejarah kemenangan terbesar super bowl

Apa kemenangan terbesar dalam sejarah Super Bowl? 

Kekalahan terbesar dalam sejarah Super Bowl terjadi pada tahun 1990, ketika San Francisco 49ers mendominasi Denver Broncos dengan skor 55-10. Dipimpin oleh salah satu duo football terhebat sepanjang masa—gelandang Joe Montana dan penerima melebar Jerry Rice—49ers memasuki pertandingan itu sebagai favorit dengan 12 poin namun dengan cepat melampaui jarak yang sederhana itu. 

Montana mencapai rating operan sebesar 147.3, tertinggi kedua di sejarah Super Bowl, dan mengoper untuk mencetak rekor lima kali _touchdown_—tiga di antaranya ditahan oleh Rice. Gelandang Broncos John Elway, pemain Hall of Famer, berakhir dengan rating operan 19.4, terendah ketiga dalam sejarah Super Bowl.

Apa _comeback_ Super Bowl paling gila? 

Gelandang dan New England Patriots melakukan _comeback_ Super Bowl yang paling ajaib tujuh tahun yang lalu dalam kemenangan 34-28 di babak tambahan atas Atlanta Falcons. Tertinggal 28-3 dengan waktu 8:31 sampai berakhirnya kuartal ketiga, Patriots akan terus mencetak 31 poin tanpa perlawanan pada lima drive berturut-turut, termasuk dua _2-point conversion_ yang berhasil untuk membawa pertandingan itu ke babak tambahan. Mohon maaf telah diingatkan lagi, para penggemar Falcons.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Senjata Api Bukan Hanya Masalah Kesehatan Masyarakat

Sen Feb 5 , 2024
(SeaPRwire) –   Kesehatan masyarakat adalah bahasa umum yang digunakan oleh Amerika yang liberal untuk memahami senjata api, dan trauma yang ditimbulkan senjata api. Ketika Presiden Biden menyebut kekerasan bersenjata sebagai “wabah” setelah penembakan massal yang terjadi pada bulan Oktober lalu di Maine, ia mengacu pada studi tentang penyebaran penyakit. […]