Termasuk warga di Kampung Akarinda yang paling dekat dengan perbatasan Negara RI-PNG, dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan-hutan

Keerom () – Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista memberikan pelayanan kesehatan secara gratis dan pemberian sembako melalui kegiatan bakti sosial bagi warga perbatasan RI-PNG di Kampung Akarinda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan, Rabu mengungkapkan kegiatan bakti sosial dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mendekatkan prajurit Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kepada masyarakat.

"Termasuk juga memberikan perhatian khusus kepada seluruh warga di Kampung Akarinda yang merupakan wilayah yang berada paling dekat dengan perbatasan Negara RI-PNG. Untuk menuju Kampung Akarinda hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan-hutan yang berada di Papua,"ujarnya.

Dansatgas berharap, dengan kedatangan personel Satgas maka permasalah kesulitan kesehatan masyarakat Kampung Akarinda dapat terbantu dengan adanya kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dan digagas personel Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista.

Sementara, Dankipur 1 Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman mengungkapkan, terjalin kerjasama yang baik Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf dengan Puskesmas Distrik Yaffi dan Tim Adventure Off-road Jayapura.

"Selain membagikan sembako kepada masyarakat, Satgas dan Tim Puskesmas Yaffi juga memberikan jenis layanan kesehatan yang disediakan berupa check up atau pemeriksaan kesehatan fisik kepada warga, pemberian vitamin, pemberian obat gratis hingga pembagian makanan bergizi untuk warga Kampung Akarinda," jelas Dankipur.

Semoga apa yang dilakukan personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 404l3 dapat membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Akan adanya komunikasi dan silaturahmi kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Puskesmas Distrik Yaffi dan Tim Adventure Off-road Jayapura dengan warga kampung Akarinda dapat terjalin dengan baik dan semoga kehadiran kami dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat," tambahnya

Lettu Inf Sugiman menjelaskan, warga yang hadir berobat dominan yang mengalami sakit malaria, nyeri pada bagian sendi dan penyakit kulit yang disertai gatal-gatal.

"Sedangkan kepada anak-anak kebanyakan mengalami batuk pilek serta perlu tambahan makanan bergizi.Ya, warga terlayani dengan baik dan juga diberi makanan bergizi ,"ungkap Lettu Inf Sugiman.

Ketua Adat atau Ondoafi Kampung Akarinda Theo (53) menyampaikan terimakasih kepada prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf yang telah banyak membantu masyarakat wilayah perbatasan khususnya Kampung Akarinda dalam memberikan pelayanan kesehatan dan sembako.

"Saya juga mengajak masyarakat bersama-sama bersinergitas dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG. Kami sangat berterimakasih sekali atas kesudian dari Satgas Yonif 403 yang telah datang jauh-jauh ke kampung kami Kampung Akarinda," kata Theo.
Baca juga: TNI gelar vaksinasi COVID-19 di perbatasan RI-Malaysia
Baca juga: Satgas TNI beternak ikan lele di perbatasan RI-Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © 2021