Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Ajip Rosidi (kiri) dalam acara pemberian hadiah sastra daerah Rancage, beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Dokumen Keluarga)

Magelang

Sastrawan sekaligus budayawan Ajip Rosidi meninggal dunia di usia 83 tahun. Ia meninggal setelah menjalani operasi di RSUD Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

“Betul, saya sedang ke sana-kemari (mengurus segala sesuatu) ini,” kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, seperti dilansir Antara, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Sastrawan Ajip Rosidi Jalani Perawatan di RSUD Tidar Magelang

Ajip Rosidi sempat dirawat dan dioperasi di RSUD Tidar lantaran menderita sakit sekitar seminggu terakhir. Hal itu disebabkan dirinya sempat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Mungkid, Magelang.

Pihak keluarga, Nundang menyatakan, belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman. Dia mengaku masih sibuk mengurus jenazah ayahnya itu.

Seperti diketahui, sastrawan Ajip Rosidi (83) menjalani perawatan intensif di RSUD Tidar Kota Magelang. Ajip Rosidi telah dirawat tiga hari ini setelah terjatuh di rumah.

Nundang mengatakan ayahnya jatuh saat menuju tempat mengetik di rumahnya, Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, pada Minggu (12/7) malam.

“Awalnya jatuh tanggal 12 Juli di rumah. Dia (bapak) mau ke tempat biasa mengetik, dia jatuh. Saya kurang tahu karena tengah malam, Ibu Nani Wijaya berteriak. Begitu saya datang, bapak sudah jatuh, tapi sudah biru semua, lebam,” kata Nundang saat ditemui di RSUD Tidar Kota Magelang, Sabtu (25/7).

Baca juga: 31 Tahun Anugerah Sastra Rancage yang Spesial

Setelah kejadian tersebut, keluarga kemudian memeriksakannya ke dokter. Lalu disarankan untuk melakukan konsultasi di RSUD Tidar. Ajip Rosidi kemudian menjalani perawatan di RSUD Tidar Kota Magelang sejak Kamis (23/7) dan saat itu langsung menjalani operasi karena pendarahan otak.

(maa/zak)

Next Post

KBRI New Delhi Pulangkan 24 WNI Terdampak Lockdown di India

Kam Jul 30 , 2020
Jakarta – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi memulangkan 24 warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak kebijakan lockdown di India karena wabah COVID-19. Salah satu WNI yang dipulangkan di antaranya berstatus pelajar. “KBRI New Delhi kembali sukses melaksanakan program repatriasi mandiri untuk yang kelima kalinya. Sebanyak 24 orang WNI […]