transformasi digital sistem informasi manajemen rumah sakit untuk lebih memudahkan pasien mendapatkan layanan kesehatan

Tulungagung, Jatim () – RSUD dr Iskak Tulungagung menyabet penghargaan TOP DIGITAL Implementation 2022 # Stars 5 di ajang TOP DIGITAL Awards 2022 yang puncak acara dan pengumumannya berlangsung di Jakarta pada Kamis (15/12) malam.

“Alhamdulillah, puji syukur. Terima kasih kepada seluruh tim dan semua pihak yang telah bekerja keras membantu pembaruan di RSUD dr Iskak, khususnya di bidang IT,” kata Direktur RSUD dr Iskak, dr Supriyanto Dharmoredjo dalam siaran pers diterima di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat.

Ia berharap momen ini menjadi batu pijakan bagi civitas hospitalia khususnya tim IT RSUD dr Iskak untuk lebih bersemangat lagi dalam mengembangkan inovasi teknologi digital. Terutama untuk lebih menyempurnakan layanan kepada masyarakat, sekaligus menjawab kebutuhan pasien dan tantangan zaman, lanjut dia.

Selain meraih TOP DIGITAL Award 2022, RSUD dr Iskak juga dianugerahi TOP Leader on Digital Implementation 2022 (TOP CIO, Chief Information officer).

Kemampuan manajemen dan staf karyawan dalam mengimplementasikan sistem teknologi informasi/digital diapresiasi ln berhasil mengaplikasikan sistem digitalisasi dalam manajemen rumah sakit.

Dampak positifnya, organisasi rumah sakit menjadi efisien, efektif dan akuntabel.
“Outcomenya adalah terjaminnya aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat/pasien,” terang Mas Dokter Pri, sapaan akrab dr Supriyanto.

Ajang penghargaan tahunan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Solusi Digital terbesar tingkat nasional ini dihelat Majalah IT Works bekerja sama dengan sejumlah Asosiasi TI & TELCO Indonesia.

Malam puncak acara penganugerahan yang berlangsung di Jakarta dihadiri sejumlah pimpinan dan pejabat kementerian/lembaga, kepala pemerintahan provinsi dan daerah/kota, jajaran direksi dan komisaris serta IT manager atau chief technology officer(CTO)/ chief information officer (CIO) dari berbagai perusahaan, organisasi.

“RSUD dr Iskak Tulungagung menjalankan transformasi digital sistem informasi manajemen rumah sakit untuk lebih memudahkan pasien mendapatkan layanan kesehatan dengan dukungan otomatisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK,” terang Kadiv TI sekaligus Sub Koordinator Analisis dan Monitoring Pelayanan RSUD dr. Iskak Tulungagung, Eko Susanto.

Baca juga: RSUD Tulungagung sukses operasi bedah jantung pasien pertama

Ia memastikan transformasi digital di RSUD dr. Iskak masih akan terus berproses.
“Secara umum, transformasi digital di RSUD dr. Iskak Tulungagung tertuang salam Peta Jalan Transformasi Digital Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit,” papar Eko.

RSUD dr Iskak Tulungagung menerima langsung penghargaan TOP DIGITAL Awards 2022 yang memiliki tema “Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government”.

Pasalnya, institusi telah mampu membuktikan bahwa inovasi, kreativitas dan terobosan digital yang dilakukan, telah berdampak signifikan, baik di internal institusi itu sendiri maupun hubungan eksternal, termasuk dengan mitra bisnis atau pelanggan (masyarakat).

Secara umum, di tahun ketiga pandemi COVID-19 ini, kreativitas dan inovasi serta antusias peserta, baik dari perusahaan, organisasi, maupun institusi dan lembaga pemerintahan dalam menghadirkan solusi inovasi baru berbasis teknologi digital, terus mengalami peningkatan.

Bahkan sejak pandemi COVID-19, transformasi digital mengalami lompatan strategis yaitu Hospital Without Walls yaitu praktik kerumahsakitan berbasis telemedisin.

Baca juga: RSUD Tulungagung suplai kebutuhan pangan pasien RSUD Trenggalek

Baca juga: RSUD dr. Iskak Gelar Kuliah Tamu Pediatric Echocardiography

Baca juga: RSUD dr. Iskak Tulungagung sabet TOP BUMD Awards 2022

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © 2022