Rp 6,16 M Donasi Terkumpul, PLN Akan Sambung Listrik bagi 8.417 Warga

PLN

Jakarta

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya menghadirkan listrik di wilayah Indonesia. Salah satunya melalui PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020 dalam peringatan Hari Listrik Nasional ke-75.

Meskipun VCRR 2020 telah berakhir sejak 1 November lalu, namun PLN tetap kembali menyelesaikan 2.131 sambungan listrik gratis senilai Rp 1,5 miliar bagi masyarakat tidak mampu, yang tersebar di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

“Peserta telah menyelesaikan misinya, berlari dan bersepeda demi melistriki nusantara. Saat ini tugas kami untuk terus melakukan penyambungan ke masyarakat tidak mampu,” ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/11/2020).

Agung menjelaskan PLN VCRR 2020 telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,16 miliar untuk biaya penyambungan listrik warga tidak mampu. Hasil tersebut didapat dari hasil 164 ribu kilometer yang ditempuh peserta. Dari donasi ini, PLN akan melakukan penyambungan listrik gratis bagi 8.417 warga yang tersebar di seluruh Indonesia.

Merespons hal ini, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengapresiasi PLN yang telah menggelar program olahraga dengan tujuan memberikan sambungan listrik gratis bagi masyarakat tidak mampu di wilayahnya.

“PLN memiliki peran penting untuk mendukung pemerintah daerah dalam mendorong kemajuan pariwisata dan investasi di daerah, kami juga mengucapkan terima kasih atas dedikasinya dengan melakukan pemasangan listrik gratis kepada,” katanya.

Senada dengan Nova, Bupati Landak, Kalbar, Karolin Margret Natasa mengatakan program penyambungan listrik gratis sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat tidak mampu.

“Ini memang suatu pengharapan yang diinginkan oleh masyarakat, terutama untuk warga kurang mampu, sehingga dengan bantuan listrik gratis ini mereka bisa menikmati penerangan di rumah mereka sendiri,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Yusril (55), seorang pedagang es di Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau merasa bersyukur menjadi salah satu penerima bantuan penyambungan listrik. Berkat sambungan listrik, Yusril mengatakan kini anak-anaknya bisa belajar.

“Alhamdulillah sekarang anak-anak bisa belajar berkat sambungan listrik gratis. Terima kasih kepada saudara-saudara peserta PLN VCRR yang telah membantu kami untuk penyambungan listrik gratis ini,” pungkasnya.

Agung menyampaikan penyambungan akan terus dilakukan di beberapa daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. PLN menargetkan penyambungan listrik hasil program PLN VCRR 2020 dapat selesai pada akhir tahun 2020.

“Hadirnya listrik diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas sehingga akan mendorong kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PLN VCRR 2020 merupakan ajang lari dan bersepeda virtual yang dilakukan sejak 16 Oktober – 1 November 2020 untuk tujuan donasi. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda.

Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah, yang akan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

Adapun setiap kilometer lari dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000 dan sepeda sebesar Rp 35.000. Dalam hal ini, pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

(ads/ads)

Next Post

Petugas Covid-19 Ngaku Dihalangi saat Tracing Klaster Petamburan-Megamendung

Ming Nov 22 , 2020
JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mendengarkan sejumlah fakta-fakta di lapangan dalam rapat virtual itu hadir antara lain Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Juga unsur Satgas di sejumlah kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat dan Banten, serta Kepala Suku Dinas Kesehatan dan Puskesmas […]