Ponpes di Serang Diminta Tindak Tegas Pimpinannya yang Diduga Cabuli Santri

Ilustrasi Pembunuhan Pemerkosaan

Jakarta

Komnas Perempuan menyayangkan kasus pencabulan oleh pimpinan pondok pesantren (ponpes) di Serang, Banten, kepada santriwatinya. Komnas Perempuan meminta pihak ponpes berani menindak tegas pimpinan mereka itu.

“Kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja, termasuk di lembaga agama seperti pesantren, dan pelakunya bisa juga siapa saja, termasuk pimpinan pesantren. Komnas Perempuan menyatakan prihatin dan sedih atas peristiwa ini,” ujar Komisioner Komnas Perempuan, Theresia Iswantini kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Ini Modus Pimpinan Pesantren di Serang yang Diduga Cabuli Santriwati

Iswantini menyebut kekerasan seksual di lingkungan pendidikan agama itu berpotensi melunturkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah keagamaan. Sebab sejatinya, sebut dia, lembaga agama bertugas mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan anti kekerasan.

“Pesantren potensial kehilangan kepercayaan dari masyarakat, terutama dalam memberikan kepastian nilai kemanusiaan dan anti kekerasan, yang seharusnya dipromosikan oleh lembaga agama. Oleh karena itu, penting bagi pesantren dan semua lembaga agama apapun untuk berbenah diri, ya, dan berani menindak tegas pelakunya, bahkan jika pelakunya adalah pimpinan agama sekalipun,” kata dia.

Iswantini mendorong agar polisi mengusut tuntas kasus dugaan pelecehan seksual ini. Dia juga meminta komunitas pesantren agar bersuara agar tidak terjadi peristiwa yang sama.

“Dorongan agar polisi mengusut tuntas kasus ini seharusnya tidak dari komunitas pesantren saja, melainkan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia, karena mereka adalah anak-anak kita. Bahkan, internal pesantren atau seluruh komunitas pesantren seharusnya bersuara lebih keras dan lantang, serta menyiapkan upaya-upaya pencegahan agar kasus yang sama tidak terulang kembali,” sebut Iswantini.

Baca juga: Pimpinan Pesantren di Serang yang Diduga Cabuli Santriwati Ditangkap
Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Indonesia dan Selandia Baru Jalin Kerja Sama di Berbagai Bidang

Kam Jul 30 , 2020
Jakarta – Negara Indonesia menyepakati kerja sama bilateral dengan Negara Selandia Baru selama 5 tahun ke depan. Kerja sama itu dilakukan mencakup berbagai jenis bidang termasuk penyelesaian pandemi COVID-19. Kerja sama itu disepakati dalam acara Joint Ministerial Commission (JMC) ke-9 secara virtual antara Indonesia dan Selandia Baru yang telah selesai […]