Polisi Selidiki Video Viral Balap Liar Diduga di Kawasan Senayan

Ilustrasi Balapan Liar

Jakarta

Sebuah video menunjukkan aksi balap mobil liar, viral di media sosial. Dalam narasinya, video tersebut disebut-sebut terjadi di kawasan Senayan, Jl Asia Afrika, Jakarta Pusat.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya akan menyelidiki video viral tersebut.

“Kita akan selidiki,” kata Fahri saat dihubungi com, Sabtu (19/9/2020).

Fahri memastikan balap liar di jalanan dilarang dan mengganggu lalu lintas jalan. Aksi balap liar melanggar UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca juga: Polres Gowa Musnahkan 257 Knalpot Racing karena Bikin Resah Warga

“Pasal 297 UULLAJ,” imbuhnya.

Berikut bunyi Pasal 297 UU Lalu Lintas:

Pasal 97, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 115 huruf b, dipidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah).

Dalam video yang viral tersebut diketahui dua mobil Honda Brio berwarna kuning dan putih balapan di jalan raya. Aksi tersebut sempat terekam kamera pengemudi di belakang mereka.

Dalam video tersebut disebutkan pengguna kendaraan di tempat tersebut harus menunggu selama 15 menit untuk bisa melintas. Setelah kedua mobil tersebut berbalapan, mobil lain di belakangnya baru melaju.

Baca juga: Disebut Meresahkan dan Bisa Dipidana, Ini Kata Peserta Balap Lari Liar

(mea/mea)

Next Post

Tuai Kontroversi, KPU Bakal Atur Konser Musik via Daring saat Pilkada

Sab Sep 19 , 2020
JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana mengatur jenis kampanye dalam bentuk lain, seperti konser musik salah satunya, tidak diperbolehkan lagi dilakukan secara langsung. Sebagai gantinya, kegiatan kampanye ini akan dialihkan semuanya secara daring. Rencana ini merupakan salah satu poin usulan yang disampaikan KPU kepada pihak pemerintah pada saat rapat […]