Polisi Jelaskan Alasan Jurnalis Peliput Demo Sempat Diamankan ke Polda Metro

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus

Jakarta

Seorang jurnalis merahputih.com bernama Ponco Sulaksono sempat ikut diamankan di Polda Metro Jaya saat meliput aksi demo menolak omnibus law UU Cipta Kerja. Polisi menjelaskan alasan Ponco ikut diamankan saat meliput aksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menerangkan para wartawan saat itu berada di posisi satu barisan dengan kelompok anarko ketika melakukan liputan. Hal itu yang membuat petugas kemudian sempat ikut membawa wartawan tersebut ke kantor polisi bersama para pendemo.

“Diamankan saat itu karena dia bersama-sama dengan para anarko yang kita amankan semuanya. Kan petugas pada saat bertugas tidak tahu. Makanya kita harapkan teman-teman menggunakan ID card (ID pers) pada saat situasi seperti itu,” kata Yusri, Sabtu (10/10/2020).

Baca juga: Soal Kekerasan Oknum ke Jurnalis Saat Liput Demo, Polda Metro: Silakan Lapor

Yusri pun memastikan Ponco telah dibebaskan. “Sudah (dibebaskan), sudah semuanya,” ujarnya.

Seperti diketahui, seorang jurnalis merahputih.com bernama Ponco Sulaksono sempat hilang kontak saat meliput aksi demo menolak omnibus law Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Ponco ternyata sempat ikut diamankan ke Polda Metro Jaya.

Keberadaan Ponco di Polda Metro Jaya ini disinggung oleh anggota Komisi VII, Adian Napitupulu yang menyambangi Polda Metro Jaya, Jumat (9/10), sekitar pukul 14.00 WIB. Adian mengaku dirinya sudah bertemu dengan Ponco. Ponco dipastikan selamat.

“Iya gue ketemu tadi, gue cuma pastikan dia ada di situ, dia selamat,” kata Adian saat dihubungi.

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, Jurnalis Peliput Demo Ternyata Diamankan Polda Metro

Adian mengatakan, kondisi Ponco memang dalam keadaan yang sehat hari ini. Meski begitu dia menyinggung tidak boleh ada lagi kekerasan terhadap jurnalis dari aparat.

“Harusnya memang entah bagaimana peristiwanya, tapi kekerasan itu tidak boleh terjadi, gue tidak tahu siapa pelakunya, karena tadi tidak sempat ngobrol dengan Ponco secara detail, gue lihat dia ya sehat segala macam sudah senang begitu,” ucapnya.

(azr/azr)

Next Post

Camat Jagakarsa: Korban Tewas saat Banjir Ciganjur Merupakan Ibu Hamil

Ming Okt 11 , 2020
Jakarta – Banjir di Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan (Jaksel) menewaskan seorang warga. Camat Jagakarsa, Alamsyah, mengungkap korban yang meninggal dunia itu tengah dalam kondisi hamil. “Ada 1 yang meninggal dunia, yaitu sekitar umur 40 tahun, seorang perempuan yang kebetulan sedang hamil,” kata Alamsyah saat ditemui di lokasi banjir Ciganjur, Jaksel, […]