Petani di Poso Tewas Mengenaskan Dibacok Teroris MIT

Ilustrasi Garis Polisi

Poso

Seorang warga di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tewas dibacok kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Warga berinisial AB itu tewas dalam kondisi mengenaskan.

“Iya benar,” ujar Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto saat dikonfirmasi mengenai laporan kematian petani di Poso oleh kelompok MIT, Minggu (9/8/2020).

Dalam keterangan yang dibenarkan Didik, peristiwa itu terjadi di Desa Sangginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, pada Sabtu (8/8). Mulanya, warga setempat AP dan AB sedang berjaga di kebun jagung.

Kemudian, ia melihat ada 3 orang tak dikenal yang datang menghampiri. Ketiganya merupakan kelompok teroris, MIT. Ketiga orang itu membawa AB dan AP ke sebuah pondok yang diduga sebagai markas sementara mereka.

Baca juga: Polri Ungkap Fakta-fakta Satgas Tinombala Salah Tembak Petani di Poso

Kepada AB dan AP, mereka menanyakan soal penjagaan keamanan di Desa Sangginora. Kemudian, salah satu dari kelompok MIT itu meminta AB untuk menunjukkan arah jalan menuju wilayah Sulewana.

AB menunjukan arah dengan menggambarkan peta di atas tanah. Lalu salah seorang kelompok MIT itu berjalan ke arah belakang AB dan memukul AB hingga terjatuh. Melihat hal itu, AP reflek melarikan diri.

AP melompat dan lari dari pondok dan sekitar jarak 3 meter dari pondok dan AP mendengar suara letusan sebanyak 1 kali. Mendegar letusan itu, AP bersembunyi di semak-semak. Ia pun sempat bermalam di semak-semak.

Keesokan harinya AP pulang berjalan kaki ke kampungnya dan melaporkan kejadian itu ke polisi. Polisi pun memperlihatkan sejumlah foto daftar pencarian orang (DPO) yang diduga kuat merupakan anggota MIT.

AP lantas menunjuk DPO Ali Kalora yang memegang senjata api laras panjang, Qatar alias Farel alias Anas membawa senjata laras pendek yang di simpan di rompinya, serta Wahid alias Aan alias Bojes (yang terlihat memukul AB) dan sebagian DPO masih terlihat perawakan muda.

Pada Minggu (9/8) siang, anggota kepolisian mengecek lokasi di mana AB dipukul. Jasad AB ditemukan tewas dengan kondisi penuh luka. Daun telinga sebelah kanan putus dan jari tengah tangan kiri putus. Selain itu, korban mengalami luka bacok di leher dan punggung belakang sebelah kanan.

(isa/gbr)

Next Post

Jakarta Salip Jatim Sumbang Kasus Corona Terbanyak, Ini Penjelasan Wiku

Ming Agu 9 , 2020
Jakarta – DKI Jakarta per hari ini menjadi salah provinsi tertinggi dalam penyumbang jumlah kasus Corona di RI. Per 9 Agustus ini, DKI melaporkan ada tambahan kasus 440, sehingga total 25.727. Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, mengatakan angka itu membuat posisi DKI Jakarta menyalip Jawa Timur […]