Penjelasan Polisi Soal Lalin Arah Puncak Ditutup Berjam-jam

Kondisi jalur Puncak, Minggu (16/8) macet di kedua arah dan sempat hujan

Kabupaten Bogor

Pengendara mengaku terjebak macet belasan jam karena arus lalu lintas (lalin) arah Puncak Bogor ditutup. Polisi menyebut terjadi kepadatan dan ketidaktertiban pengendara di puncak.

“Ya tadi itu kan, pertama, karena arusnya ya. Arusnya, kemudian roda 2 banyak. Roda 2 di atas itu banyak yang melambung, kemudian kurang tertib. Kemudian di atas juga sempat hujan sehingga masyarakat yang berkendara roda 2 pada berhenti di pinggir jalan jadi ada hambatan. Alhamdulillah, pada malam ini sudah bisa terbuka, kedua arah bisa lancar lagi,” kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut ketika ditemui di TMC Gadog, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (16/8/2020)

Ketut menuturkan penutupan lalin arah puncak mulai pukul 12.00 WIB. Lalin arah puncak baru dibuka kembali sekitar pukul 22.00 WIB.

“Itu tadi kita mulai (penutupan) itu pukul 12.00-an ya,” kata ketut.

“Seperti saya sampaikan, arusnya padat. Arusnya padat kemudian masyarakat yang mengarah ke atas juga padat, yang mengarah mau ke arah juga ke Jakarta, padat. Sama-sama padat. Ketemunya di tengah,” kata Ketut.

Baca juga: Cerita Warga Priok Terjebak 11 Jam Saat Arah Puncak Ditutup

Polisi akan segera mengevaluasi kebijakan one way ini agar besok kemacetan panjang tak terjadi. Ketut memprediksi kendaraan yang menuju Jakarta akan lebih banyak pada esok hari sehingga one way arah Jakarta akan diprioritaskan.

“Besok one way. Yang jelas besok kemungkinan one way di siang hari. Kenapa? Karena yang check out, yang di hotel, di villa, itu kan check itu jam 13.00. Nah sebelum itu kita sudah antisipasi,” imbuh Ketut.

Salah satu pengemudi, Alfiani (25), mengaku tiba di pintu keluar Tol Ciawi sekitar pukul 11 siang. Namun, dia tertahan di posisi depan, karena polisi telah menutup arah puncak.

“Berangkat dari Tanjung Priok itu pukul 10.00 WIB, sampai sini, tek pukul 11.00 tadi, (mobil) paling depan, ternyata ditutup,” ujar Alfiani kepada com, di pintu keluar Tol Ciawi, Minggu (16/8/2020).

Baca juga: Lalin ke Arah Puncak Dibuka, Kendaraan dari Tol Ciawi Mulai Bergerak

Kendaraan yang ditunggangi oleh Alfiani tak bisa bergerak atau putar balik. Dia hanya bisa menunggu sampai lalu lintas arah puncak kembali dibuka.

“Tapi tidak ada kebijakan dari polisi, nggak ada omongan sedikit apapun, untuk apa, untuk apa, gitu. Untuk putar balik arah, atau apa kek, cari jalan akses keluar, tidak ada,” ujarnya.

(isa/aik)

Next Post

Terjebak Belasan Jam di Tol Ciawi, Pengendara Nyesal Liburan di Puncak

Sen Agu 17 , 2020
Kabupaten Bogor – Pengendara mobil menyesal memutuskan menghabiskan long weekend dengan berlibur ke Puncak Bogor. Pasalnya, mereka harus terjebak belasan jam karena penutupan arus lalu lintas ke arah Puncak Bogor. Salah satu pengendara mobil yang akan berlibur adalah Akbar (31). Dia bersama keluarganya dari Jakarta Barat berniat berlibur ke Cipanas. […]