Pengadilan Thailand Menyatakan Kampanye Lawan Undang-Undang Lese Majeste oleh Move Forward Melanggar Konstitusi

Thailand Constitutional Court decides in case against opposition

(SeaPRwire) –   Pengadilan Konstitusi Thailand mengeluarkan putusan bahwa Partai Move Forward, partai yang memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan umum tahun lalu, melanggar konstitusi dengan menjanjikan untuk melonggarkan Undang-Undang Lese Majeste.

Pengadilan Konstitusi pada Rabu menyuruh partai tersebut untuk menghentikan kampanyenya untuk merevisi Pasal 112, yang dikenal sebagai undang-undang lese majeste yang melindungi monarki dari pencemaran nama baik.

Janji tersebut menjadi bagian penting dari kampanye pemilihan umum Partai Move Forward yang membantunya meraih 40% suara rakyat dalam pemilihan umum Mei lalu.

Meski putusan bersalah mungkin tidak langsung mengarah pada pembubaran langsung Partai Move Forward, namun hal itu bisa membuka jalan bagi hasil tersebut. Menurut aturan, Komisi Pemilihan Umum harus mengajukan petisi ke pengadilan untuk membubarkan partai politik manapun yang dianggap berupaya menggulingkan monarki konstitusional.

Seorang pengacara pro-establishment telah melayangkan kasus terhadap Partai Move Forward dan mantan pemimpinnya Pita Limjaroenrat. Ia menuduh kampanye tersebut merupakan upaya “menggulingkan rezim demokratis dengan raja sebagai kepala negara”, yang dilarang dalam piagam militer yang ditulis setelah kudeta 2014.

Putusan itu diumumkan seminggu setelah pengadilan yang sama memutuskan bahwa politikus berusia 43 tahun bebas dari tuduhan melanggar aturan pemilihan karena memiliki saham di perusahaan media yang sekarang sudah tidak beroperasi dan membatalkan suspensi enam bulan tugasnya sebagai anggota legislatif.

Sedikitnya 263 orang telah dituntut berdasarkan undang-undang lese majeste sejak November 2020, menurut Thai Lawyers for Human Rights.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

SM: Masih Banyak Ruang Pertumbuhan di 2024

Rab Jan 31 , 2024
(SeaPRwire) –   KOTA PASAY, Filipina, 31 Januari 2024 — SM Investments Corporation, salah satu konglomerat terkemuka di negara tersebut, menyatakan bahwa masih ada ruang untuk tumbuh bersama Filipina yang secara konsisten menunjukkan pertumbuhan konsumen. “Bahkan selama krisis Asia memuncak, konsumsi rumah tangga di Filipina cukup tangguh, terutama mendorong pertumbuhan […]