Samarinda () – Pemuda asal Desa Dondang Tengah, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Hamzah Al Fauzi berhasil meraih juara pertama Pemuda Pelopor Nasional 2022 untuk Kategori Pangan.

Hamzah Al Fauzi mendapatkan penilaian tertinggi oleh Dewan Juri dengan kiprah menggerakkan sejumlah pemuda putus sekolah di daerahnya dalam pengembangan pertanian. Akhirnya, diputuskan dewan juri sebagai Juara 1 Pemuda Pelopor Nasional Bidang Pangan.

"Alhamdulillah, ini keberhasilan kita bersama, pemuda Kalimantan Timur membuktikan diri mempunyai kualitas dalam turut serta mengisi pembangunan. " kata Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur dalam keterangan resmi diterima di Samarinda, Sabtu.

Menurut Agus selain Hamzah, Kaltim juga memiliki Pemuda Pelopor yang masuk penjurian Nasional Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata yang diwakilkan oleh Irma Erpiana dari Kabupaten Paser serta Kahar Muzakir di Bidang Inovasi Teknologi dari Kota Bontang.

"Keduanya tidak masuk peringkat tiga besar, namun demikian karya kepeloporan mereka juga memiliki dampak yang luar biasa bagi pembangunan di daerahnya," jelas Agus.

Menurut Agus, meski tidak semua wakil Kaltim mendapatkan gelar juara, namun Pemerintah Provinsi Kaltim salut dan bangga dengan pemuda Kaltim.

" Semoga para pemuda Kaltim terus berkarya dan bisa bersaing pada Tingkat Nasional maupun Internasional, selama memelihara jiwa kerja keras dan tidak malu untuk terus belajar dan berusaha," harap Agus.

Ia menambahkan Gubernur Kaltim, Isran Noor telah menyiapkan apresiasi khusus untuk pemuda Kaltim berprestasi ini dengan harapan bisa melecut semangat bagi pemuda lain untuk berkiprah membangun daerahnya masing- masing.

“Kami yakin pemuda Kaltim punya kemampuan untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan negara ini, terkhusus tentu untuk mewujudkan Kalimantan Timur yang berdaulat,” kata Agus.

Pewarta: Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © 2022