NTB merupakan tuan rumah ke-2 setelah Palembang, Insya Allah akan terus disupport dengan dukungan berbagai pihak terkait

Mataram () – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap menyambut kegiatan Pra-KTT 2 Y20 yang diselenggarakan di Kabupaten Lombok Barat pada 23-25 April 2022.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Surya Bahari di Mataram, Jumat, mengatakan seluruh pihak akan bersinergi dan berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan Y20, seperti akomodasi, transportasi, rumah sakit, cendera mata, media promosi dan lain sebagainya.

"NTB merupakan tuan rumah ke-2 setelah Palembang, Insya Allah akan terus disupport dengan dukungan berbagai pihak terkait," kata Surya Bahari saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan G20-Y20 Summit NTB Tahun 2022 di Kantor Gubernur NTB dalam keterangan tertulis diterima wartawan.

Ia menyampaikan kegiatan ini akan diikuti 100 peserta dari NTB dan 100 peserta lainnya yang berasal dari luar NTB dan peserta asal luar negeri untuk turut berpartisipasi dalam perhelatan Y20.

Y20 merupakan forum konsultasi dan dialog para pemuda dari negara G20 sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Baca juga: Menaker: G20 ajak pekerja muda tingkatkan keterampilan dan daya saing

Baca juga: 100 pemuda NTB siap terlibat di Y20

Panitia Y20 Provinsi NTB lainnya, Mohamad Farid Zaini mengatakan kegiatan Y20 akan menyiapkan oleh-oleh khas kopi Lombok, sekaligus sebagai momen memperkenalkan produk-produk lokal.

"Sesuai dengan pengalaman The Pre-Summit 1 of Y20 di Palembang diberikan oleh-oleh berupa pempek dan kerajinan. Sekda NTB sendiri mengarahkan agar memberikan paket kopi Lombok," katanya.

Mohammad Farid Zaini menambahkan kegiatan juga akan diisi Talk Show I yang akan membahas manfaat transformasi digital dalam meningkatkan kesadaran keuangan digital anak muda. Kemudian Talk-Show II akan membahas terkait mempromosikan inklusi dan inovasi anak muda dalam tata kelola digital.

Baca juga: Ridwan Kamil yakin Jakarta-Bandung sanggup rumuskan agenda dalam Y20

Baca juga: Pabrik block solutions jadi solusi daur ulang sampah plastik NTB

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © 2022