aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan keteladanan kepada masyarakat

Bandarlampung () – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung  membentuk satuan tugas pengawasan (monitoring)  sebagai upaya menjamin penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

"Guna menjamin  distribusi BBM bersubsidi  tepat sasaran, kami telah melakukan beberapa upaya salah satunya dengan monitoring," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Rabu.

Arinal mengatakan dasar hukum pembentukan satuan tugas monitoring pengendalian dan pengawasan pendistribusian BBM dan LPG bersubsidi di Provinsi Lampung dituangkan melalui Keputusan Gubernur Lampung Nomor G/125/B.04/HK/2022 tanggal 15 Februari 2022.

Lalu, Surat Edaran Nomor 045.2/3308/V.25/2022 tanggal 12 September 2022 tentang Himbauan Penggunaan Bahan Bakar Minyak Umum yang ditujukan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan keteladanan kepada masyarakat serta upaya turut serta berkontribusi meringankan beban subsidi pemerintah dengan menggunakan BBM umum.

Selanjutnya, Surat Edaran Nomor 045.2/3437/V.25/2022 tanggal 21 September 2022 tentang Pengawasan Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan, yang ditujukan kepada bupati/ wali kota se-Lampung untuk melakukan langkah-langkah pengawasan penyaluran BBM Solar dan Pertalite.

Arinal mengapresiasi masyarakat Lampung dalam menyikapi kenaikan harga BBM, serta pihak-pihak yang telah menjaga situasi tetap kondusif dengan adanya kenaikan harga BBM.

"Saya mengajak kita semua mengawal kebijakan pemerintah pusat sehingga pendistribusian dan penyaluran BBM terutama subsidi ini dapat tepat sasaran sesuai aturan pemerintah," ajak Gubernur.

Sementara itu, Region Manager Retail Sales Wilayah Sumbagsel PT. Pertamina, Awan Raharjo, menyampaikan bahwa langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung dalam menjamin ketersediaan dan distribusi BBM bersubsidi sudah sangat tepat, sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

"Untuk menjamin ketersediaan dan distribusi BBM bersubsidi, Pertamina saat ini sedang menyosialisasikan program subsidi tepat, agar BBM bersubsidi dapat tersalurkan dengan lebih baik. Kami juga mendukung penuh dan mendukung penuh langkah-langkah yang dilakukan Pak Gubernur dan Pemerintah Provinsi Lampung," tambahnya.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Ganet Dirg
COPYRIGHT © 2022