Pemprov Aceh Bangun 4.042 Rumah Warga Kurang Mampu Jadi Layak Huni

Pemberian secara simbolis pembangunan rumah warga menjadi layak huni

Banda Aceh

Pemerintah Provinsi Aceh membangun 4.042 rumah warga kurang mampu menjadi rumah layak huni. Pembangunan rumah dilakukan mulai tahun ini dan rencananya dilanjutkan tahun depan sebanyak 4.300 unit lagi.

Salah seorang penerima bantuan rumah tersebut adalah Fatimah (52), warga Gampong Keupula, Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. Janda yang berjualan sayur di Pasar Peunayong Banda Aceh ini sebelumnya tinggal di rumah berdinding rumbia.

Baca juga: 50% Anggota DPR Aceh Pakai Hak Angket terhadap Plt Gubernur Nova

Penyerahan rumah tipe 36 untuk Fatimah dilakukan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, T. Mirzuan dan Karo Humas Pemprov Aceh Muhammad Iswanto, Rabu (21/10/2020). Fatimah mendapat bantuan tersebut setelah diverifikasi oleh tim dan dinilai layak sebagai penerima.

“Hari ini kami mewakili Pak Plt Gubernur untuk menyerahkan rumah bantuan secara simbolis kepada penerima di Pidie, Pidie Jaya dan Bireun,” kata Mirzuan dalam keterangannya, Rabu (21/10/2020).

Menurut Mirzuan, Pemprov Aceh tahun ini membangun 4.042 unit rumah untuk masyarakat kurang mampu di seluruh Tanah Rencong. Program rumah layak huni tersebut dinilai efektif untuk mengurangi kemiskinan serta meratakan kesejahteraan.

“Karena itu pemerintah Aceh melalui Dinas Perkim kembali memprogramkan kegiatan serupa di tahun 2021, di mana pada tahun depan sebanyak 4.300 unit rumah akan kembali dibangun,” jelasnya.

Baca juga: Nova Iriansyah Ditunjuk Jokowi Jadi Gubernur Aceh, Interpelasi Tetap Lanjut

Mirzuan berharap masyarakat yang mendapatkan bantuan rumah tersebut bisa memanfaatkannya dengan baik. “Mereka tak harus memikirkan lagi pembangunan rumah, tinggal fokus cari rezeki buat keluarga,” ujar Mirzua.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto, menyebutkan pembangunan rumah layak huni merupakan salah satu program prioritas pemerintah Aceh. Tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Program Aceh untuk memberikan tempat layak bagi masyarakat kurang mampu,” kata Iswanto.

(agse/eva)

Next Post

Ini Alur Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi

Kam Okt 22 , 2020
BEKASI – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengaku, sudah mendapatkan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan mengenai alur penyuntikan vaksin virus corona atau Covid-19, yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat. Sejauh ini, diakui Tanti, pihaknya masih melakukan pendataan terhadap warga Kota Bekasi yang akan diberikan vaksin virus corona. Berdasarkan […]