Pemimpin Oposisi India Hemant Soren Ditangkap Beberapa Bulan Sebelum Pemilu

Kepala Menteri Jharkhand Hemant Soren Pada Pertemuan Investor di Hotel Taj Mansingh Di Delhi

(SeaPRwire) –   Kepala menteri negara bagian Jharkhand di India dan pemimpin dalam koalisi oposisi ditangkap Rabu, hanya beberapa bulan sebelum pemilihan umum negara tersebut.

Hemant Soren ditangkap oleh Enforcement Directorate, badan antipencucian uang federal negara tersebut, terkait dengan kasus dugaan penipuan tanah, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya karena rinciannya belum dibuka ke publik. Sebuah surat dakwaan belum diajukan, menurut orang tersebut.

Partai Jharkhand Mukti Morcha milik Soren memerintah negara bagian timur laut tersebut dalam sebuah koalisi dengan Indian National Congress. Partai tersebut juga merupakan anggota koalisi oposisi yang dikenal dengan akronim I.N.D.I.A, yang dibentuk tahun lalu untuk melawan partai yang berkuasa Perdana Menteri Narendra Modi dalam pemilihan nasional, yang diharapkan akan berlangsung pada bulan April dan Mei.

Soren mengundurkan diri sebagai kepala menteri pada hari Rabu setelah ia ditanyai oleh lembaga investigasi. Sementara ada beberapa kepala menteri yang telah mengundurkan diri di masa lalu ketika menghadapi tuntutan hukum, Soren adalah kepala partai regional pertama yang ditangkap tanpa tuduhan resmi apa pun yang dikenakan kepadanya.

Para pemimpin dari partai Soren dan aliansi oposisi mengatakan penangkapan itu bermotif politik, dengan Bharatiya Janata Party yang berkuasa berusaha mengintimidasi oposisi. 

“Sebagai bagian dari persekongkolan, pekerjaan BJP untuk menggoyahkan partai-partai oposisi satu per satu terus berlanjut,” kata presiden Kongres Mallikarjun Kharge, dalam platform media sosial X.

BJP membantah bahwa kelompok oposisi menjadi sasaran dengan cara apa pun. Sudhanshu Trivedi, juru bicara nasional untuk partai yang berkuasa, menegaskan di saluran berita lokal Rabu bahwa pemerintah telah menyelidiki tuduhan korupsi atau penipuan terhadap politisi mana pun, terlepas dari kesetiaan politik mereka.

Soren  pemimpin partai veteran, Champai Soren, sebagai penggantinya sebagai kepala menteri setelah sesi dengan anggota legislatif partainya. Keduanya tidak berhubungan.

Spekulasi telah beredar selama berbulan-bulan bahwa Enforcement Directorate mungkin juga menargetkan Arvind Kejriwal, kepala menteri ibu kota India Delhi atas skandal penyuapan. Partai Aam Aadmi milik Kejriwal, atau Partai Orang Awam, juga bersaing di pemilihan mendatang melawan BJP.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya. 

Next Post

Band Rock Dissiden Rusia Bi-2 Dideportasi ke Israel Setelah Ditahan di Penjara Thailand

Kam Feb 1 , 2024
(SeaPRwire) –   TEL AVIV, Israel — Sebuah band rock Rusia yang menentang perang Moskwa di Ukraina telah tiba di Israel setelah dideportasi dari Thailand karena dicurigai mendapat tekanan dari Kremlin, kata para pemain, Kamis. Berbicara di ruang kedatangan Bandara Internasional Ben Gurion Israel di Tel Aviv, pemain gitar dan […]