Pandemi, Pemkab Serang Gelar Lebaran Anak Yatim Secara Sederhana

Serang

Jakarta

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah tetap menggelar Lebaran Anak Yatim pada tahun ini meski dengan sederhana karena pandemi COVID-19. Biasanya setiap tahun ada sekitar 1.000 anak yatim yang hadir di Pendopo Pemkab Serang, tetapi kali ini hanya sekitar 50 orang perwakilan.

“Di tengah pandemi, kita tetap ingin berbagi kebahagiaan dengan anak yatim. Setiap tahun kita gelar kegiatan ini. Namun untuk tahun ini, kita gelar sederhana dan hanya mengundang perwakilan anak yatim dari setiap kecamatan,” kata Tatu dalam keterangan tertulis, Selasa (22/9/2020).

Pada Lebaran Anak Yatim kali ini, hanya sekitar 50 anak yatim yang diundang ke Pendopo. Mereka diberi santunan serta bingkisan dan dimanjakan menikmati belasan jajanan gratis yang sudah disiapkan di samping pendopo.

Baca juga: Program Beasiswa Kuliah Pemkab Serang Diapresiasi IKA Untirta

Selanjutnya, untuk anak yatim yang lainnya, tetap diberikan santunan dan bingkisan melalui 29 pemerintah kecamatan bersama Baznas Kabupaten Serang.

“Selain santunan yang kami berikan, turut serta memberikan tas bagi anak-anak dari Bank bjb dan Baznas Kabupaten Serang juga memberikan bingkisan,” ujarnya.

Tatu menegaskan para anak yatim di Kabupaten Serang harus terjamin mulai dari pendidikan hingga kebutuhan ekonominya. Oleh karena itu, pemerintah kecamatan harus melakukan koordinasi yang baik dengan Dinas Sosial dan Dindikbud Kabupaten Serang.

“Pemkab Serang punya program beasiswa SD, SMP, hingga perguruan tinggi. Anak yatim harus bisa terjamin melalui program tersebut. Jika ada yang belum tersentuh program, bantu kami dan koordinasikan ke kecamatan dan dinas terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Serang Febrianto menambahkan Bupati Serang sudah menginstruksikan kepada seluruh kepada OPD agar turut peduli terhadap anak yatim, dan bisa menjadi orang tua asuh.

Baca juga: Pemkab Serang Kembali Luncurkan Program Kuliah Gratis

“Setelah simbolis di Pendopo, selanjutnya kami akan menggelar santunan anak yatim secara sederhana di kecamatan-kecamatan bersama Baznas Kabupaten Serang,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Lebaran Anak Yatim digelar Pemkab Serang sejak tahun 2018 yang digagas langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Atas kepeduliannya, Ratu Tatu telah dinobatkan sebagai Bunda Anak Yatim oleh Yayasan Laz Yatim Mandiri. Sebelum pandemi COVID-19, sekitar 1.000 lebih anak yatim diundang ke Pemkab Serang, diberi santunan, menikmati jajanan dan aneka permainan secara gratis.

“Semoga pandemi COVID-19 ini segera berakhir, agar Lebaran Anak Yatim bisa kita gelar meriah setiap tahun,” ujar Febri.

(akn/ega)

Next Post

Bapaslon di Kalteng 'Dihadiahi' Maklumat Kapolri agar Patuh Protokol Kesehatan

الثلاثاء سبتمبر 22 , 2020
Palangka Raya – Para bakal pasangan calon (bapaslon) peserta Pilkada Serentak 2020 di Kalimantan Tengah (Kalteng) ‘dihadiahi’ lembar Maklumat Kapolri soal protokol kesehatan selama pilkada. ‘Hadiah’ itu diberikan langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo. “Kapolda memberikan Maklumat Kapolri kepada perwakilan partai politik yang mengusung calonnya untuk ikut Pilkada Serentak […]