Surabaya () – Musyawarah Wilayah (Muswil) Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Pengurus Wilayah Jawa Timur pada 28 Januari 2023 menekankan sinergi dan kiprah alumni membangun negeri.

Sekretaris Steering Committee (SC) Muswil IKA ITS, Dr. Ir. Machsus, ST., MT., di Surabaya, Rabu, mengatakan pihaknya berharap pada momentum Muswil itu tidak sekedar menjadi ajang rutinitas pergantian Ketua IKA ITS PW Jatim semata.

"Tetapi sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi IKA ITS di level wilayah diharapkan menjadi ajang pertarungan ide atau gagasan dalam membesarkan kelembagaan IKA ITS PW Jatim," kata Cak Mac panggilan akrabnya yang merupakan alumni Teknik Sipil S35 sekaligus Direktur Dana Abadi ITS.

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap kelembagaan IKA ITS PW Jatim dapat dikembangkan dengan membentuk IKA ITS Pengurus Cabang (PC) di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur, dan gagasan inovatif ini dapat disepakati di forum Muswil.

Menurut dia, pembentukan cabang-cabang di seluruh kabupaten/kota di Jatim ini dapat mewadahi keberadaan dan potensi alumni ITS yang banyak tersebar di seluruh penjuru Jatim, karena lokasi Kampus ITS berada di Jawa Timur.

Selain itu, kata dia, terobosan inovasi kelembagaan dengan membentuk IKA ITS Pengurus Cabang di wilayah Jatim akan memperkuat sinergi dan kiprah alumni ITS di wilayah Jatim.

"Bagaimana kita bisa berkontribusi maksimal dalam membangun negeri, bila kita belum bisa berkontribusi maksimal dalam membangun Jawa Timur?" tegas putra Madura, yang sehari-hari juga Dosen Transportasi S2 Terapan Teknik Infrastruktur Sipil ITS.

Ketua SC Muswil IKA ITS, Ir. Maztri Indrawanto, MSP., menambahkan pada rangkaian acara Muswil IKA ITS PW Jatim yang digelar di Gedung Sabha Nugraha Dinas Pendidikan Jatim itu nantinya diawali dengan Talkshow Alumni yang mengangkat tema "Sinergi dan Kiprah Alumni Membangun Negeri.

"Kami ingin meneguhkan semangat alumni ITS untuk lebih bersinergi dan berkiprah dalam membangun Indonesia masa depan," ujar Cak Maztri, panggilan akrabnya.

Baca juga: Ketua Umum IKA ITS lantik pengurus periode 2019-2023

Baca juga: IKA ITS desak pembuatan UU Maritim

Lebih lanjut, alumni Arsitektur ITS A-18 itu menginformasikan bahwa pada sesi Talkshow Alumni dihadirkan narasumber para tokoh alumni dari perspektif yang beragam, seperti Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. (Ketua IKA ITS PW Jatim) sebagai representasi tokoh alumni yang berpengalaman menavigasi organisasi alumni ITS di level Jawa Timur.

Selain itu, Eri Cahyadi, ST., MT., (Wali Kota Surabaya) mewakili tokoh alumni muda ITS yang berkiprah di birokrasi pemerintahan, Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., IPU, A.Eng (Rektor ITS) tentunya mewakili perspektif akademisi, yang kini sedang menjadi pucuk pimpinan ITS.

Ir. H. Sigit Sosiantomo (Anggota DPR RI) sebagai representasi tokoh alumni yang berkiprah di jalur politik dan Abdul Ghofur AS (Presiden AISINDO) merepresentasikan tokoh alumni muda milenial yang berkiprah dunia bisnis.

Acara Talkshow Alumni akan dipandu oleh dua orang host atau moderator ternama, yakni Cak Mad dan Ning Anita, dan mereka berdua juga Anggota SC Muswil. Cak Mad, sebutan dari Ir. Rachmad Hidayat, ST., MM, adalah Founder & CEO RachPro Consulting, yang juga Alumni Teknik Industri ITS 1991 (TI-007).

Baca juga: IKA-ITS dukung pendirian Institut Teknologi Kalimantan

Sedangkan Ning Anita, panggilan dari Anita Puji Utami, ST., adalah Dirut PT Adiluhung Sarana Segara Indonesia (ASSI). Alumni FTK ITS 1991 ini dikenal sebagai sosok wanita tangguh, dan juga baru terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) 2022-2026.

"Talkshow Alumni ini diharapkan dapat memberi nuansa dan/atau warna tersendiri, sehingga penyelenggaraan Muswil lebih berkualitas," kata dia.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2023