Menlu Paparkan Isi Pertemuan 5 KTT ASEAN yang diikuti Jokowi

Menlu Retno Marsudi

Jakarta

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memaparkan hasil dari pertemuan sejumlah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang diikuti Presiden Joko Widodo. Ada 5 KTT yang diikuti Jokowi hari ini.

Kelima KTT itu ialah KTT Pleno ke-37 ASEAN, KTT ke-23 ASEAN dengan RRT, KTT ke-21 ASEAN dengan Korea Selatan, KTT ke-23 ASEAN dengan Jepang, serta KTT ke-17 ASEAN dengan India. Kelima KTT diselenggarakan secara virtual.

“Pada hari ini rangkaian KTT ke-37 ASEAN dan KTT terkait lainnya telah mulai diselenggarakan secara virtual. Rangkaian KTT akan diselenggarakan sampai hari Minggu mendatang,” kata Retno dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (12/11/2020).

Pertama KTT ke-37 ASEAN. Retno mengatakan KTT ke-37 ASEAN turut dihadiri oleh Dirjen WHO,Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Sekjen ASEAN, Lim Jock Hoi. Retno mengatakan Tedros mengapresiasi dan menyambut baik sejumlah inisiatif ASEAN dalam upaya penanganan pandemi COVID-19.

“Dirjen WHO menyampaikan perkembangan kasus COVID-19 di dunia yang sudah lebih dari 50 juta, angka kematian lebih dari 1,5 juta. Dirjen WHO menghargai respon ASEAN yang dinilai efektif dengan komitmen yang tinggi dan terbuka untuk saling berlajar. Dirjen WHO juga menyambut baik sejumlah inisiatif ASEAN antara lain ASEAN Comprehensif Recovery framework dan Asean Regional of medical Supplies Public Health Emergency. Dirjen WHO mengapresiasi India, Vietnam, Singapura yang telah bergabung dalam a city accelerator facilitation consul yang bertugas memfasilitasi accelerator melalui kepemimpinan politik advokasi untuk penyelesaian secara kolektif demi kepentingan dunia untuk memobilisasi dana,” ujar Retno.

Baca juga: Pidato di KTT ASEAN, Jokowi Dorong Perdamaian Stabilitas Kawasan

Sementara Sekjen ASEAN menyampaikan perkembangan kondisi ASEAN saat masa pandemi. Retno menyebut Sekjen ASEAN berpesan untuk negara kawasan untuk tetap bekerja keras dan menjaga optimisme untuk bangkit dari masa sulit karena dampak pandemi.

Retno mengatakan dalam KTT ke-37 ASEAN itu, Jokowi menyambut baik deklarasi ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework. Jokowi, kata Retno mendorong agar implementasi segera diwujudkan. Jokowi juga menyambut baik penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Presiden menyambut baik deklarasi mengenai ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) Framework dan mendorong agar rencana implementasi harus segara diwujudkan. Presiden menyampaikan Dewan Koordinasi Asean dan Badan Sektoral Asean harus kerja cepat dan efisien dan diharapkan TCA dapat dioperasi pada kuartal pertama tahun 2021,” ujar Retno.

Retno menyebut dalam KTT ini menghasilkan 33 dokumen. Retno mengatakan Jokowi juga menyambut baik penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Selain itu presiden menyambut baik penandatanganan RCEP kerena setelah negosiasi selama 8 tahun kita bisa menandatangani dan presiden menyampaikan integrasi ekonomi ini harus membawa manfaat bagi rakyat negara RCEP. Presiden terus mendorong Asean agar dapat berkontribusi menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan, oleh karena itu ASEAN harus solid harus kerja sama,” papar Retno.

Simak isi 4 KTT ASEAN lain yang diikuti Jokowi ada di halaman berikutnya>>>

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

103 Kasus Hari Ini, Lampung Catat Lonjakan Corona Tertinggi

Kam Nov 12 , 2020
Bandarlampung – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengumumkan penambahan kasus positif virus Corona (COVID-19) sebanyak 103 per hari ini. Penambahan 103 kasus ini merupakan yang tertinggi sejak kasus Corona terdeteksi di Lampung. “Penambahan kasus COVID-19 ada 103 ini adalah yang tertinggi sejak virus Corona merebak di provinsi ini,” kata Kepala […]