Saat ini Pasker baru hadir di 11 provinsi, namun sesuai arahan Presiden Joko Widodo Pasker ini harus dibangun di 34 provinsi

Jambi () –

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker)  memastikan terciptanya ekosistem digital yang siap kerja tersedia di Provinsi Jambi melalui program Pasar Kerja (Pasker).

 

"Insya Allah di Jambi kita buat pasar kerja, kami minta Wagub nanti mencarikan tempat dan kita buat Pasar Kerja (Pasker) itu," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor dalam pernyataan yang diterima dari Humas Pemprov Jambi, Kamis.

Pada Rabu (24/8) 2022, Wamenaker berkunjung ke Jambi.

Ia menyatakan saat ini Kemenaker memiliki program Pasker yang menjadi wadah bertemunya pencari kerja dan pemberi kerja.

 

Wamenaker menyatakan saat ini Pasker baru hadir di 11 provinsi, namun sesuai arahan Presiden Joko Widodo Pasker ini harus dibangun di 34 provinsi.

 

"Ini kita bangun kerja sama dengan Disnaker provinsi, segera dibangun untuk di Jambi, makanya saya minta cepat," katanya.

Ia memastikan tim Kemenaker akan turun ke Jambi untuk mempersiapkan Pasker kerja melalui media daring sehingga pencari dan pemberi kerja dapat dengan mudah bertukar informasi tanpa harus bertemu.
 

"Ini harus kita ciptakan butuh kerja sama 'stakeholder' di semua tingkatan," katanya.

 

Dalam kunjungannya tersebut, Wamenaker juga meminta penguatan talenta muda sehingga dapat dengan mudah mendapatkan peluang kerja di dalam maupun luar negeri.

 

"Punya 'skill' teknologi informasi  juga bisa kerja di industri perkebunan, jangan mengira yang kerja di perkebunan kerjanya kasar, sekarang sudah pakai teknologi," katanya menegaskan.

 

Sementara itu, untuk peluang kerja di luar negeri dia juga mendorong kemampuan berbahasa asing bagi anak muda.

 

"Dalam waktu dekat saya akan minta waktu bertemu Mendikbudristek untuk menyampaikan masukan agar kurikulum pendidikan bahasa itu dari SD sampai SMA ditambah bahasa Korea, Jepang dan China, bukan saja bahasa Inggris dan bahasa Arab," demikian Afriansyah Noor.

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © 2022