Teknisnya, tiap kelurahan akan mendata perusahaan apa saja yang ada, yang menyediakan lapangan pekerjaan…

Tangerang () – Pemerintah Kota Tangerang ,Banten, melalui Dinas Ketenagakerjaan akan menggelar job fair di setiap kelurahan untuk membantu menyediakan info lowongan kerja dan mengatasi pengangguran sebagai dampak pandemi.COVID-19.

"Teknisnya, tiap kelurahan akan mendata perusahaan apa saja yang ada, yang menyediakan lapangan pekerjaan. Lalu, dijembatani dengan para pencari kerja di kelurahan tersebut ada berapa banyak, nanti akan ketemu di sana," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangan yang diterima,  Kamis.

Ketersediaan lapangan kerja tersebut akan diupload ke aplikasi Tangerang Live, namun pada praktIknya akan dilakukan secara hybrid yakni pendaftaran bisa dilakukan secara online, kemudian bisa langsung sesi wawancara dengan perusahaan di masing-masing kantor kelurahan yang menyelenggarakan job fair tersebut.

"Total lebih dari 24 ribu lowongan kerja yang tersedia, jadi diprediksi akan lebih banyak menyerap tenaga kerja," kata Wali Kota Arief.

Sementara itu berdasarkan data Disnaker, virtual job fair menyerap 1.090 atau 11,68 persen pencari kerja (pencaker), yang terdiri dari 825 pencaker dalam kota dan 265 pencaker luar kota.

Pada tahun ini hingga September lalu, virtual job fair menyerap sebanyak 4.036 atau 25,61 persen pencaker, yang terdiri dari 3.709 pencaker dalam kota dan 327 pencaker luar kota.

Plt Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Rakhmansyah mengatakan tingginya antusiasme masyarakat dalam mengikuti Job Fair Virtual dan keterlibatan perusahaan di dalamnya menjadi salah satu faktor besarnya jumlah pencari kerja yang diterima.

Selama pandemi, Dinas Ketenagakerjaan menggelar job fair virtual setiap bulan sejak Maret 2020 hingga kini. Perusahaan yang dilibatkan pun bervariasi dengan  penempatan kerja di dalam negeri maupun luar negeri.
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © 2021