Kodam Jaya Akan Siagakan Personel di Wilayah Rawan Banjir di Jakarta

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat memimpin apal pencegahan penyebaran COVID-19 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (14/9/2020). Agung Pambudhy

Jakarta

TNI mengaku telah menyiapkan sejumlah skenario untuk mengantisipasi banjir saat musim penghujan di Jakarta. TNI bakal menyiagakan para personelnya di titik-titik rawan banjir di Jakarta.

“Kami sudah melakukan antisipasi dari mulai kesiapan personel maupun materiil. Personel tentukan kesiapan tentang jumlah anggota nanti yang akan dilibatkan terkait penanganan bahaya banjir dengan pemerintah daerah dan kepolisian. TNI kami sudah menyiagakan seluruh komponen TNI yang terlibat langsung,” kata Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman saat berkunjung ke gedung Transmedia, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (9/11/2020).

Dudung mengatakan nantinya personel TNI akan secara rutin apel di tempat lokasi yang rawan terjadi banjir. Selain itu, TNI bersama Polri, SAR, BNPB dan Tagana akan melakukan tactical floor game (TFG) terkait upaya penanganan banjir.

“Kita melaksanakan TFG untuk bagaimana teknik kalau ada banjir, ini melibatkan dari SAR, kemudian Tagana dan BNPB, Pemda dan polisi. Kita sudah masing-masing sudah ngeplot kalau ada bencana banjir, gimana rute pengungsian, di mana tempat evakuasi, penempatan ambulan, di mana tempat perahu karet,” ujar Dudung.

Ia menjelaskan penyebab banjir di Jakarta biasanya akibat curah hujan tinggi, luapan rob dan luapan air sungai. Untuk itu, Dudung mengatakan pihak bakal memfokuskan personel di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

“Fokus kita, di Jakarta Utara dan Jakarta Barat,” sebutnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan punya cara tersendiri tangani banjir di DKI Jakarta. Simak selanjutnya >>>

Selanjutnya

Halaman
1
2

Next Post

Motor Tabrak Truk Tronton di Bogor, Satu Orang Tewas

Sel Nov 10 , 2020
BOGOR – Dua pemotor menabrak truk pengangkut air mineral di Jalan Raya Bogor-Sukabumi, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Senin (9/11/2020). Salah satu diantaranya meninggal dunia di lokasi kejadian. Menurut warga sekitar Alif Awaluddin peristiwa itu terjadi sekira pukul 18.30 WIB. Saat itu, dua korban yakni Ary Firmansyah (30) dan satu orang […]