KMP Mutiara Pertiwi III Kandas di Babel, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Penumpang KMP yang Tenggelam di Perairan Bangka Belitung Dievakuasi

Bangka Barat

Kapal motor dan penumpang (KMP) Mutiara Pertiwi III kandas di perairan Gusung Karang Aji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Kapal tersebut kandas setelah menghindari kapal nelayan yang melintas.

“Total penumpang ada 59 orang, 56 dewasa dan 3 anak-anak. Semuanya berhasil dievakuasi dengan selamat,” jelas Kabag Bin Ops Ditpolairud Polda Bangka Belitung, AKBP Stevanus saat dikonfirmasi com, Senin (12/10/2020).

Baca juga: Dikabarkan Hilang, 2 Nelayan Tanjung Ditemukan Selamat Mengapung di Tengah Laut

Saat ini, kata Stevanus, seluruh penumpang sudah berada di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat. Mereka dievakuasi menggunakan kapal KN Kalian oleh tim Gabungan.

“KMP Mutiara Pertiwi III yang kandas bertolak dari pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel ke pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Babar. Dari Sumsel pukul 14.00 WIB,” kata Stevanus.

Peristiwa kandasnya KMP Mutiara Pertiwi III terjadi Minggu (11/10) pukul 17.55 WIB. Dia menyebut kapal kandas setelah menghindari kapal nelayan yang melintas dengan menggandeng jaring tarik tangkap.

Saat itu juga, Kapten kapal langsung merubah cepat haluan sehingga KMP Mutiara Pertiwi III mengalami kandas di perairan Gusung Karang Aji Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

“Sat Polair Polres Bangka Barat dapat informasi pukul 18.15 WIB ada kapal kandas. Bersama instansi terkait polair segera melakukan evakuasi penumpang menggunakan kapal KM Kalian,” tegasnya.

Baca juga: Warga Pinrang Sulsel Tewas Tenggelam Saat Cari Kepiting di Pantai

Usai seluruh penumpang berhasil dievakuasi, tim gabungan melakukan pengecekan kapal yang kandas. Hasilnya kapal tidak mengalami kerusakan.

“Di KMP Mutiara Pertiwi III kandas tidak ditemukan adanya kebocoran, mesin mati dan posisi kapal dalam keadaan stabil saat ini,” tutup Stevanus.

(maa/maa)

Next Post

Pemprov DKI Mulai Bersihkan Sisa Puing Longsor dan Banjir di Ciganjur

Sen Okt 12 , 2020
JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta mulai membersihkan sisa puing longsor dan banjir di Jalan Damai, Ciganjur, Jakarta Selatan. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya telah menerjunkan alat berat untuk membersihkan sisa puing dan genangan yang ada di lokasi.  “Pintu akses masuk hanya ada satu. Alat berat pun […]