Kemendagri Sayangkan Kerumunan Bapaslon Pilkada, Dukung KPU-Bawaslu Tegas

Kapuspen Kemendagri Bahtiar

Jakarta

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memantau pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Pilkada 2020 di berbagai daerah selama dua hari ini. Kemendagri menyayangkan adanya kerumunan saat pendaftaran bapaslon dan mendukung sikap tegas KPU serta Bawaslu.

“Kemendagri sangat menyayangkan banyaknya kerumunan pada saat pendaftaran pasangan calon di Kantor KPU dalam dua hari ini. Untuk itu, Kemendagri mendukung sepenuhnya sikap tegas rekan-rekan KPU dan Bawaslu di daerah untuk mencegah dan menghentikan segala bentuk kerumunan massa,” kata Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9/2020).

Baca juga: Wagub Emil Ingatkan Paslon Pilkada Lebih Perhatikan Protokol Kesehatan

Bahtiar mengingatkan kepada penyelenggara pilkada, aparat keamanan, partai politik pengusung, calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, serta massa simpatisan untuk mematuhi peraturan yang ada.

Selain itu, Bahtiar mengingatkan apabila protokol kesehatan tak dilaksanakan dalam Pilkada Serentak 2020, maka pelanggar harus diberi teguran. Selain itu, pengawas pemilu sesuai tingkatan dapat menindaklanjuti dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Pilkada Serentak di Jatim Dimulai, Khofifah Imbau Ingatkan Protokol Kesehatan

“Mohon juga dukungan pimpinan parpol untuk mengingatkan pasangan calon kepala daerah yang diusungnya dan juga kepada pasangan calon perseorangan untuk mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Bahtiar mengingatkan adanya aturan tentang protokol kesehatan seperti yang diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020 dan PKPU Nomor 10 Tahun 2020. “Mohon PKPU ini ditegakkan,” tuturnya.

Baca juga: Ada Kerumunan Pendukung Bakal Paslon di KPU Tangsel, Polisi: Kita Evaluasi

Menurut Bahtiar, keselamatan warga negara di atas segalanya. Oleh sebab itu, dia mengajak semua pihak saling mengingatkan pentingnya kepatuhan hukum protokol kesehatan dalam Pilkada 2020.

“Mari kita bersatu untuk mengingatkan pentingnya kepatuhan hukum protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020,” imbuhnya.

(rfs/rfs)

Next Post

Diprediksi Lawan Kotak Kosong, Partai Perindo Dukung Petahana di OKUS

Ming Sep 6 , 2020
OKUS – Bakal pasangan calon calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKUS, Popo Ali Murtopo dan Sholehien Abuasir, diperkirakan akan melawan kotak kosong pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang’ Hal ini merupakan catatan sejarah bagi Kabupaten OKU Selatan dan sejarahpula bagi karir politik Popo Ali dan Sholehein Abuasir dikancah pencalonan […]