Jakarta () – Sejumlah berita yang disiarkan Tim Redaksi pada laman Humaniora dan Wartabumi, Kamis (20/10), yang menarik perhatian pembaca, mulai dari zat kimia perusak ginjal hingga bencana alam di sejumlah daerah.

Berikut rangkuman lima berita kemarin yang masih menarik untuk disimak hari ini:

1. Tiga zat kimia berbahaya ditemukan pada obat pasien gagal ginjal akut

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa menurut hasil penelitian ada tiga zat kimia berbahaya yang ditemukan pada obat sirop yang dikonsumsi oleh pasien anak yang mengalami gagal ginjal akut, yakni ethylene glycol, diethylene glycol, dan ethylene glycol butyl ether.

Selengkapnya baca di sini

2. BPOM umumkan lima produk obat sirop lampaui batas aman Etilen Glikol

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan lima produk obat sirop di Indonesia yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) melampaui ambang batas aman.

Selengkapnya baca di sini

3. Diterjang banjir, puluhan warga di Aceh Timur mengungsi

Puluhan warga mengungsi akibat bencana banjir yang menerjang Gampong Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Selengkapnya baca di sini

4. PJT I: Banjir di Trenggalek dipicu hujan dengan intensitas tinggi

Badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air Perum Jasa Tirta I atau PJT I menyebut hujan dengan intensitas tinggi sebagai pemicu banjir yang dalam beberapa hari terakhir melanda daerah pusat kota Trenggalek dan sekitarnya.

Selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Asteroid seluas hampir dua kali Stadion GBK akan melintas dekat Bumi

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan Asteroid 2022 RB5 yang berukuran hampir dua kali Stadion Gelora Bung Karno (GBK) akan melintas dengan jarak lima juta kilometer (km) dari Bumi pada 22 Oktober 2022.

Selengkapnya bisa di baca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022