Jakarta () – Sejumlah berita pada Rabu yang masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari sebanyak 807.152 orang warga Aceh telah mendapatkan vaksinasi dosis COVID-19 lengkap hingga Logistik ajang World Superbike (WSBK) 2021 mulai dikemas.

Berikut ringkasan berita pada Rabu:

1. Sebanyak 807.152 warga Aceh menerima dosis lengkap vaksin COVID-19

Dinas Kesehatan Aceh menyebutkan sebanyak 807.152 orang penduduk provinsi paling barat Indonesia itu telah mendapatkan vaksinasi dosis COVID-19 lengkap yaitu dua kali suntikan, sebagai upaya mempercepat terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dari ancaman virus corona.

“Kita terus melakukan percepatan cakupan vaksinasi di seluruh kabupaten/kota, terutama daerah-daerah dengan sasaran vaksinasi yang besar,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Iman Murahman di Banda Aceh, Rabu.

2. Pemkot Malang pastikan tidak ada vaksin COVID-19 kedaluwarsa

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, memastikan vaksin COVID-19 yang digunakan untuk percepatan vaksinasi di kota itu dalam kondisi baik dan tidak ada yang kedaluwarsa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif di Kota Malang, Rabu, mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada vaksin COVID-19 yang kedaluwarsa, seiring dengan pencapaian vaksinasi yang terus meningkat.

"Tidak ada vaksin yang kedaluwarsa," kata Husnul.

3. Penting berikan pemahaman untuk vaksinasi di daerah pedalaman

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengatakan selain permasalahan akses, pemahaman akan pentingnya vaksinasi COVID-19 masih menjadi tantangan dalam menjalankan program vaksinasi di daerah pedalaman.

"Memang itu hal biasa yang kita dapati terutama pada kurangnya pemahaman terhadap vaksinasi. Bukan juga hanya karena hoaks," kata Ketua PPNI Harif dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang dipantau dari Jakarta pada Rabu.

4. Indonesia fokus pada dua suntikan sebagai dosis lengkap vaksin

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengemukakan Indonesia masih fokus pada pemenuhan dua kali suntikan sebagai vaksin lengkap COVID-19.

"Kita tetap fokus pada dua dosis sebagai vaksin lengkap di Indonesia sesuai panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," kata Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu sore.

5. Logistik WSBK Sirkuit Mandalika mulai dikemas

Logistik ajang balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai dikemas.

Pengemasan logistik balapan motor itu diawasi langsung oleh Dandim 1620 dan Kapolres Lombok Tengah serta petugas bea cukai di Sirkuit Mandalika.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman, agar logistik yang akan dikirim tetap dalam keadaan utuh dari Lombok sampai dengan tujuannya," kata Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan di Praya, Lombok Tengah, Selasa.*

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © 2021