Jakarta () – Sejumlah berita humaniora kemarin (18/8) yang menarik untuk dibaca pagi ini dinya hasil uji praklinik pertama vaksin Universitas Airlangga (Unair) menjanjikan, waspadai potensi peningkatan kasus harian dalam tiga pekan mendatang, dan ratusan rumah di Kabupaten Nias terendam banjir.

Peneliti: Hasil uji praklinik pertama vaksin Unair menjanjikan

Vaksin COVID-19 karya peneliti Universitas Airlangga (Unair) telah merampungkan fase uji praklinik pertama dengan hasil yang menjanjikan, kata Ketua Peneliti Vaksin Merah Putih, Prof Fedik Abdul R.

"Hasil uji praklinik pertama hasilnya baik dari segi imunogenetik, trombosis vena serebral (CVT) juga baik, termasuk juga toksisitas di dalamnya dan menghasilkan sesuatu yang menjanjikan," kata Fedik Abdul R saat hadir dalam agenda konferensi pers penyerahan sertifikasi pemenuhan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) kepada PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang dipantau secara virtual dari Jakarta, Rabu siang.

Ratusan rumah di Kabupaten Nias terendam banjir

Ratusan rumah warga di Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara terendam banjir akibat meluapnya Sungai Idano Mola menyusul curah hujan yang cukup tinggi mengguyur daerah itu dalam beberapa hari terakhir.

"Rumah yang terendam banjir hingga saat ini adalah rumah warga yang menuju pesisir Pantai Onolimbu, yakni Desa Legisimahe, Siofaewali, Sohoya dan Tagaule," kata tokoh agama Kabupaten Nias Pdt.Bethel Ndraha di Nias, Rabu.

Jubir: Indeks komposit PPKM meningkat, waspadai peningkatan kasus

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi peningkatan kasus harian dalam tiga pekan mendatang.

"Indeks komposit indikator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengalami peningkatan hampir di seluruh wilayah dibandingkan dengan akhir bulan lalu," kata Reisa Broto Asmoro saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu.

BPOM: EUA Vaksin Unair ditargetkan semester pertama 2022

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito mengemukakan izin penggunaan darurat (EUA) bagi Vaksin Merah Putih karya peneliti Universitas Airlangga (Unair) ditargetkan terpenuhi pada semester pertama 2022.

"Harapannya, EUA Vaksin Merah Putih produksi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia bersama Universitas Airlangga ini sekitar semeter pertama tahun 2022," kata Penny K Lukito dalam konferensi pers penyerahan sertifikasi pemenuhan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) kepada PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang dipantau secara virtual dari Jakarta, Rabu.

Basarnas cari tujuh korban kapal terbalik di perairan Tanjung Puting

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya bersama sejumlah pihak terkait tengah melakukan pencarian terhadap tujuh korban kapal terbalik di perairan Tanjung Puting, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pada insiden itu tercatat 13 orang menjadi korban. Lima orang ditemukan selamat, satu meninggal dunia dan tujuh lainnya sedang dalam pencarian," kata Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan Palangka Raya M Hariyadi melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Rabu.

Kemenkes: Keterisian BOR di atas 80 persen hanya terjadi di Sumut

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi melaporkan keterisian tempat tidur perawatan pasien COVID-19 di atas 80 persen saat ini hanya terjadi di Provinsi Sumatera Utara.

"Capaian positif kita adalah tidak ada provinsi yang melaporkan keterisian tempat tidur perawatan (BOR) lebih dari 80 persen. Sedangkan untuk BOR ICU yang lebih dari 80 persen dilaporkan hanya di Provinsi Sumatera Utara," kata Siti Nadia Tarmizi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu sore.

Menteri Sosial melelang nasi goreng buatannya untuk amal

Menteri Sosial Tri Rismaharini melelang nasi goreng buatannya untuk amal pada acara penutupan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Siaran pers dari Kementerian Sosial yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan bahwa penutupan acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia mencakup lelang nasi goreng masakan Menteri Sosial untuk menggalang dana kegiatan sosial.

***3***

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2021