Jakarta () – Pada Jumat (19/8) tim SAR dikerahkan untuk mengevakuasi jasad seorang wisatawan mancanegara (wisman) yang jatuh di Gunung Rinjani, putra Presiden Joko Widodo yang menjabat sebagai Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka kembali terserang COVID-19, dan Gurindam 12 tercatat sebagai kekayaan intelektual komunal.

Selain itu ada warta mengenai pemenuhan kebutuhan alat kesehatan di dalam negeri dan penanaman bibit mangrove di Kabupaten Maros yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Tim SAR yang meliputi 17 personel dikerahkan untuk mengevakuasi jasad seorang wisman asal Portugal yang jatuh ke jurang dan meninggal dunia di kawasan Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat. ​​Boaz Bar Anam (37) mendaki Rinjani mulai dari Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, pada 18 Agustus 2022 dan jatuh ke jurang saat berswafoto.

Gibran terserang COVID lagi

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka terserang COVID-19 untuk ketiga kalinya dan menjalani isolasi mandiri. "Kan beliau pembantunya yang kena, akhirnya kena ke satu keluarga. Ada Ibu Selvi, Pak Wali, Mas Ethes. Saat ini Beliau dan keluarga menjalani isolasi mandiri, saya kira di rumah. Kan yang kena satu rumah," kata Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa. 

Gurindam 12 tercatat sebagai kekayaan intelektual komunal

Gurindam 12 kini tercatat kekayaan intelektual komunal. Gurindam 12 adalah puisi Melayu lama karya Raja Ali Haji, sastrawan dan pahlawan dari Pulau Penyengat, Provinsi Kepulauan Riau.

Tiga menteri tanam mangrove di Maros

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menanam bibit mangrove di area wisata Mangngambang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat. Luhut mengatakan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya menjadikan Indonesia sebagai laboratorium percontohan mangrove dunia.

Kebutuhan tempat tidur pasien sudah 100 persen dipenuhi dari dalam negeri

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan tempat tidur pasien di rumah sakit sudah 100 persen bisa dipenuhi dari dalam negeri. "Jadi tempat tidur di rumah sakit sudah ditutup impornya 100 persen. Produksi tempat tidur lokal benar-benar canggih bisa diatur bergerak naik turun dengan elektrik. Termasuk cetakan sudah 100 persen produksi lokal dalam negeri," katanya di Solo Jumat.

 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © 2022