Jakarta () – Sejumlah berita humaniora pada Senin (27/12) yang masih menarik untuk disimak Selasa pagi ini, mulai dari strategi pemerintah dalam mengatasi penyebaran Omicron hingga larangan perayaan malam tahun baru di Banda Aceh.

Berikut rangkuman berita-berita humaniora kemarin:

1. Pemerintah terapkan empat strategi untuk atasi penularan Omicron

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan bahwa pemerintah menerapkan empat strategi untuk mengatasi penularan SARS-CoV-2 varian Omicron.

"Kami di Kemenkes konsisten melakukan empat strategi penanganan Omicron. Pertama adalah protokol kesehatan 3M, kedua surveilans, ketiga vaksinasi, keempat terapeutik atau perawatan," katanya dalam konferensi pers mengenai penanggulangan COVID-19 yang disiarkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin pagi.

2. Vaksin Pfizer COVID-19 sudah tiba di Lombok

Sebanyak 26 kotak atau 24.507 vial vaksin jenis Pfizer COVID-19 telah tiba di Kargo Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan pengawasan dan penjagaan ketat aparat TNI-Polri.

"Vaksin tersebut tiba di Bandara dengan menggunakan pesawat Flight My Indo Airlines 2Y-833 Type : B737 F rute Jakarta (CGK) – Lop, untuk dikirim menuju Dinas Kesehatan Kota Mataram," kata Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan di Praya, Senin.

3. KSAD kunjungi rumah dan makam korban tabrakan di Nagreg

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi rumah dan makam para korban tewas akibat tabrakan di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang diduga melibatkan oknum TNI AD.

KSAD bersama jajaran hadir ke lokasi pada pukul 09.00 WIB. Dudung berkunjung ke dua lokasi rumah korban, yakni rumah Salsabila (14) di Desa Ciaro, Kecamatan Nagreg, dan ke rumah Handi (18) di Desa Cijolang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.

4. Sulsel optimis capai vaksinasi 70 persen hingga akhir Desember

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan optimistis vaksinasi di daerah ini mampu mencapai 70 persen hingga akhir Desember 2021 sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dr Arman Bausat di Makassar, Senin, mengemukakan bahwa capaian vaksinasi Sulsel telah berada di angka 66,12 persen, sementara capaian vaksinasi hingga 1,2 persen per hari.

"Jadi kita masih punya waktu lima hari untuk bisa mencapai 70 persen vaksinasi. Peningkatan vaksinasi sekitar 1,2 persen, Insya Allah bisa dicapai," kata dr Arman.

5. Forkopimda Banda Aceh larang perayaan malam tahun baru

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh mengeluarkan seruan bersama tentang larangan perayaan malam pergantian tahun baru 1 Januari 2022 mendatang.

"Forkopimda Banda Aceh mengeluarkan imbauan agar semua pihak tidak merayakan tahun baru secara berlebihan," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, di Banda Aceh, Senin.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © 2021