Jakarta () – Sejumlah berita humaniora pada Minggu yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau langsung proses pencarian anaknya hingga puting beliung di Palu.

Berikut rangkuman berita humaniora pada Minggu:

1. Ridwan Kamil memantau langsung upaya pencarian anak sulungnya

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memantau langsung upaya pencarian anak sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz, yang pada Kamis (26/5) terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss.

Menurut siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat di Bandung, Minggu, Ridwan Kamil pada Sabtu (28/5) memantau langsung upaya Polisi Maritim Bern untuk menemukan Emmeril atau Eril.

2. Mobil pikap terjun ke laut usai alami kecelakaan

Satu unit mobil pikap dengan lima penumpang berikut supir, terjun ke laut di kawasan Sungai Barameh, Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu dinihari sekitar pukul 03.30 WIB setelah bertabrakan dengan kendaraan lain.

Dalam peristiwa yang terjadi di Jalan Raya Padang-Painan itu sang sopir Agustinus (41) beserta suadaranya Suki Artulo (60) berhasil selamat setelah sempat terjun ke laut, sementara lima penumpang lainnya masih dalam pencarian Basarnas Padang.

3. Bakamla RI evakuasi 20 kontainer dari kapal karam di Selat Malaka

Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) membantu evakuasi 20 kontainer dari kapal tongkang yang nyaris karam di Perairan Selat Malaka Kepulauan Riau.

“Evakuasi 20 kontainer ini melibatkan sejumlah personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Tanjung Balai Karimun (SPKKL TBK) dan Relawan Penjaga Laut (Rapala) dengan menggunakan kapal Rapala Bakamla RI,” ujar Kepala SPKKL TBK Letkol Bakamla Slamet Handhi Rahadiyono dari keterangan tertulis yang diterima di Batam, Minggu.

4. Angin kencang rusak enam bangunan di Pamekasan

Hujan deras disertai angin kencang merusak sedikitnya enam unit bangunan di Pamekasan, Jawa Timur, Minggu.

Menurut Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Achmad Zaini di Pamekasan, Minggu, keenam bangunan itu terdiri tiga unit rumah warga, satu unit asrama santri, kandang sapi dan kubah masjid.

"Lokasinya di Kelurahan Barurambat Tumur, Kecamatan Pademawu, Pamekasan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," katanya.

5. Puting beliung terjang lima kelurahan di Palu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu melaporkan sedikitnya 20 rumah rusak setelah angin puting beliung menerjang lima kelurahan di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

"Tiga kelurahan terdampak yakni Kelurahan Duyu, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kelurahan Tipo, Kelurahan Silae, dan Kelurahan Buluri, Kecamatan Ulujadi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu Muhammad Bambang S yang dihubungi di Palu, Minggu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022