Jakarta () – Pada Minggu (3/10) Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, dan memastikan program vaksinasi merata dari Sabang sampai Merauke; Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan penemuan 27 spesies baru; dan banjir melanda wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Selain itu ada warta mengenai peresmian rumah sakit di Merauke dan peringatan hari satwa sedunia yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Presiden pastikan vaksinasi COVID-19 merata dari Sabang sampai Merauke

Presiden RI Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, Minggu, memastikan bahwa vaksinasi COVID-19 merata dari Sabang sampai Merauke. "Di sini saya melihat pelajar, masyarakat semuanya antusias dan kita harapkan di semua kabupaten dan kota di Provinsi Papua juga melakukan hal yang sama,” katanya.

Presiden resmikan Rumah Sakit Jenderal LB Moerdani di Merauke

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI LB Moerdani di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Rumah sakit di Distrik Margamulya yang dibangun selama 20 hari itu diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan optimal bagi seluruh masyarakat.

BRIN sampaikan temuan 27 spesies baru dalam Ekspedisi SJADES

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan temuan 27 spesies baru yang meliputi ikan, kepiting, bintang laut, kerang, dan cacing laut dalam Ekspedisi Keanekaragaman Hayati South Java Deep-Sea (SJADES). Ekspedisi itu mengumpulkan 12.000 lebih spesimen dari 8.000 spesies yang terdiri atas 1.000 spesies ikan, 940 spesies udang, 450 spesies kepiting, 430 spesies squat lobster, 3.600 spesies kerang, 3.200 spesies bintang laut dan bulu babi, 900 spesies cacing laut, serta 700 spesies hermit crabs.

Banjir menyebabkan jalan terputus dan rumah terendam di Kapuas Hulu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan bahwa banjir yang melanda 10 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, telah mengakibatkan jalan terputus dan rumah warga terendam.

Aktivis kampanyekan penyelamatan gajah sambut Hari Satwa Sedunia

Aktivis di Makassar, Sulawesi Selatan, mengampanyekan penyelamatan populasi gajah dari ancaman kepunahan untuk memperingati Hari Satwa Sedunia pada 4 Oktober 2021.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © 2021