Jakarta () – Pada Selasa (27/12), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk waspada akan potensi cuaca ekstrem, ada pula berita tentang alasan larangan penjualan rokok batangan.

Selain itu, ada warta mengenai fungsi bendungan Sadawarna yang baru saja diresmikan dan berita BPOM terbitkan izin guna vaksin Comirnaty untuk anak di bawah usia 12 tahun. Berikut sejumlah berita humaniora pasa Selasa yang telah dirangkum.

1. Potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi masih ada jelang tahun baru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan potensi cuaca ekstrem di sejumlah Provinsi masih ada jelang tahun baru.

"Mengingatkan kepada teman-teman pemerintah daerah di Jawa, Bali, NTB (Nusa Tenggara Barat), kemudian Sulawesi Selatan yaitu potensi hujan lebat hingga sangat lebat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

2. Bendungan Sadawarna bisa kendalikan sepertiga aliran Sungai Cipunagara

Bendungan Sadawarna yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dan baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, disebut bisa mengendalikan sepertiga aliran Sungai Cipunagara, kata pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menjelaskan bahwa hal itu dimungkinkan karena titik Bendungan Sadawarna terletak pada jarak sekira 43 kilometer dari hulu Sungai Cipunagara.

Baca juga: Bendungan Sadawarna bisa kendalikan sepertiga aliran Sungai Cipunagara

3. BPOM terbitkan izin guna Vaksin Comirnaty untuk anak di bawah 12 tahun

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah menerbitkan izin penggunaan darurat Vaksin Comirnaty produksi Pfizer-BioNTech untuk anak usia enam bulan hingga 11 tahun guna mendukung pemenuhan kebutuhan vaksin COVID-19 bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Dengan dukungan dari Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin COVID-19 dan Indonesian Technical Advisory Group of Immunization (ITAGI), BPOM memberikan izin penggunaan darurat Vaksin Comirnaty Children untuk rentang usia lima sampai 11 tahun pada 29 November 2022 dan Vaksin Comirnaty Children untuk rentang usia enam bulan sampai empat tahun pada 11 Desember 2022.

Baca juga: BPOM terbitkan izin guna Vaksin Comirnaty untuk anak di bawah 12 tahun

4. Wisatawan Karimunjawa Jepara diangkut KM Kelimutu menuju Semarang

Sebanyak 500 wisatawan di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bersama warga lokal akhirnya bisa diseberangkan dengan menumlang Kapal Motor (KM) Kelumutu, Selasa malam, setelah selama beberapa hari tertahan di Pulau Karimunjawa karena cuaca ekstrem.

KM Kelimutu milik PT Pelni yang berangkat dari Kalimantan itu, tiba di Pelabuhan Legon Bajak Pulau Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara pada Selasa sekitar pukul 20.40 WIB.

Baca juga: Wisatawan Karimunjawa Jepara diangkut KM Kelimutu menuju Semarang

5. Jokowi tegaskan larangan jual rokok batangan demi kesehatan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan rencana pelarangan penjualan rokok batangan yang bakal dituangkan dalam peraturan pemerintah pada 2023 mendatang ditempuh demi menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.

"Itu kan untuk menjaga kesehatan masyarakat kita semuanya," kata Jokowi kepada awak media selepas meninjau Pasar Pujasera Subang dalam rangkaian kegiatan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa, seperti disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Baca juga: Jokowi tegaskan larangan jual rokok batangan demi kesehatan

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022