Jakarta () – Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (13/8) yang menarik untuk dibaca pagi ini dinya penyintas COVID-19 berusia 100 tahun, surat keterangan bebas COVID-19 bagi pengunjung mal, dan proses pencairan dana bantuan subsidi upah (BSU) tahap I.

Kemenkes: Syarat bebas COVID-19 di mal sebagai perlindungan ekstra

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengemukakan persyaratan surat keterangan bebas COVID-19 bagi pengunjung mal adalah upaya perlindungan ekstra dari aktivitas masyarakat di ruang publik.

"Kebijakan ini lebih memberikan perlindungan ekstra kepada pengunjung dan pedagang, apalagi kita tahu ada varian Delta yang cepat menular," kata Siti Nadia Tarmizi dalam sesi tanya jawab bersama media di acara virtual Forum Diskusi KPCPEN yang dipantau dari Jakarta, Jumat.

Pasien COVID-19 berusia 100 tahun sembuh berkat perlindungan vaksin

Ini kisah tentang seorang peserta program vaksinasi tertua di Indonesia Eddy Yoshawirja yang berhasil sembuh dari SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 pada usianya yang saat ini menginjak 100 tahun.

"Vaksin COVID-19 ini sangat menolong, vaksin ini adalah penyelamat ayah saya saat terkena COVID-19," kata sang anak Benny Yoshawirja saat hadir mendampingi Eddy Yoshawirja secara virtual dalam Forum Diskusi yang diselenggarakan KPCPEN dan dipantau dari Jakarta, Jumat.

Kemnaker proses pencairan BSU untuk 947.499 pekerja

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah memproses pencairan dana bantuan subsidi upah (BSU) tahap I untuk 947.499 pekerja senilai Rp947,5 miliar dan proses penyalurannya saat ini masih berlangsung.

"Pada tahap I ini Kemnaker memproses pencairan dana BSU melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta VII dengan nilai total Rp947,5 miliar. Selanjutnya, KPPN menyalurkan anggaran tersebut ke Bank Himbara , kemudian ditransfer ke rekening penerima BSU," ujar Kepala Biro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap menjawab pertanyaan via aplikasi pesan dari Jakarta, Jumat.

Kemenag buka seleksi imam masjid untuk Uni Emirat Arab

Kementerian Agama kembali membuka seleksi imam masjid asal Indonesia untuk ditempatkan di Uni Emirat Arab yang prosesnya akan digelar secara virtual pada 25-27 Agustus 2021.

"Kemenag kembali melaksanakan seleksi imam masjid untuk ditugaskan di Uni Emirat Arab. Pelaksanaannya secara virtual. Kita akan menjaring lebih banyak calon imam dari seluruh Indonesia," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Pemerintah tegaskan vaksinasi bukan syarat masuk tempat ibadah

Pemerintah menegaskan vaksinasi tidak menjadi syarat untuk masuk tempat ibadah di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

"Sesuai Inmendagri No. 30 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2, penyesuaian tempat ibadah di wilayah PPKM Level 4 diatur dengan kapasitas maksimum 25 persen atau maksimal 20 orang," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Kemenkes: Lima provinsi alami peningkatan kasus COVID-19

Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak lima provinsi di Indonesia mengalami peningkatan kasus COVID-19 dalam sepekan terakhir di saat angka nasional mengalami penurunan.

"Secara nasional terjadi penurunan kasus terkonfirmasi sebanyak 18 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Akan tetapi ada beberapa varian di setiap provinsi," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Jumat sore.

Mensos garap konsep penanganan anak yatim korban pandemi COVID-19

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya tengah menggarap konsep dan model penanganan anak-anak yatim yang menjadi korban pandemi COVID-19.

“Soal anak yatim itu sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Di Kemensos penanganan anak itu berada di bawah Ditjen Rehabilitasi Sosial,” ujar Risma dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2021