Jakarta () – Berbagai berita di Tanah Air menghiasi kanal Humaniora pada Kamis (01/12), beberapa dinya bisa anda simak kembali seperti peneliti muda yang suarakan adaptasi perubahan iklim hingga tim penyelamat yang berhasil evakuasi korban banjir di Pati, Jawa Tengah.

 

Berikut tautan berita yang bisa anda baca kembali

 

1. Peneliti muda suarakan adaptasi perubahan iklim lewat Walanae Festival
 

Sejumlah peneliti muda yang tergabung dalam Inkubator Peneliti Muda Lanskap (IPML) menyuarakan adaptasi perubahan iklim melalui kegiatan Walanae Festival yang digelar di Mal Nipah Makassar, Sulawesi Selatan, mulai Kamis hingga Minggu (4/12).

Walanae Festival merupakan tahapan akhir dari project IPML Sulsel. Kegiatan ini menampilkan temuan awal lapangan mengenai sumber penghidupan, tutupan lahan, dan sistem usaha tani terkhusus pada kawasan sepanjang Daerah Aliran Sungai Walanae di Kabupaten Bone.

 

2. Nadiem: Tunjangan dan bantuan pendidikan dapat anggaran terbesar 2023
 

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan komponen terbesar dari anggaran 2023 adalah pendanaan wajib yang di dalamnya terdapat tunjangan dan bantuan pendidikan seperti Program Indonesia Pintar hingga tunjangan guru.

"Total anggaran Kemendikbudristek 2023 sekitar Rp80,22 triliun dan komponen terbesar dari sini adalah pendanaan wajib sebesar Rp38,17 triliun. Ini adalah berbagai macam tunjangan dan bantuan kita untuk memastikan akses pendidikan seperti PIP, KIP, tunjangan guru, tunjangan dosen," ujar Nadiem di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

 

3. Pemerintah siapkan 16 hektar lahan relokasi terdampak gempa Cianjur

 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyatakan telah mempersiapkan 16 hektar lahan untuk relokasi warga dengan rumah rusak berat terdampak gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,

Suharyanto mengatakan, pemerintah daerah telah menyiapkan daerah relokasi dan pemerintah pusat akan membangunkan rumah warga yang rusak.

 

4. Kemensos rutin atasi kecemasan penyintas gempa Cianjur

 

Kementerian Sosial (Kemensos) secara rutin mengatasi kecemasan warga yang terdampak atau penyintas gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kemensos memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) di tempat pengungsian penyintas gempa Cianjur sesuai arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

 

5. Tim penyelamat evakuasi satu korban meninggal banjir di Pati

 

Tim gabungan pencarian dan penyelamatan mengevaluasi satu korban meninggal dunia dalam bencana banjir yang melanda Desa Sinomwidodo. Kecamatan Tambakromo dan Desa Gunungpanti, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, pada Kamis dini hari.

Kepala Kantor Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Semarang Agus Suharyanto dalam siaran pers di Semarang, Kamis menyatakan selain satu korban meninggal, tim penyelamat juga mengevakuasi 146 warga yang terdampak banjir bandang tersebut.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022