Jakarta () – Sejumlah berita Selasa (25/10/2022) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari Menkes mengatakan obat gangguan ginjal akut gratis hingga Nadiem targetkan 600 ribu guru honorer jadi PPPK. Berikut berita-berita tersebut :

1. Menkes: Obat gangguan ginjal akut diberikan gratis kepada pasien

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memastikan obat antidotum Fomepizole injeksi untuk pengobatan pasien dengan Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Acute Kidney Injuries/AKI) diberikan gratis kepada seluruh pasien.

"Kami bisa simpulkan bahwa obat ini (Fomepizole) memberikan dampak positif dan kami akan mempercepat kedatangannya ke Indonesia sehingga anak-anak bisa terselamatkan," kata Budi Gunadi Sadikin melalui siaran pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes yang diterima di Jakarta, Selasa.

2. Presiden minta penerima manfaat tak ragu pakai bansos untuk gizi anak

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta para penerima manfaat bantuan sosial (bansos) di Balikpapan, Kalimantan Timur, tidak ragu menggunakan bansos yang mereka terima untuk pemenuhan kebutuhan gizi anak.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat meninjau dan menyerahkan sejumlah bansos, seperti bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) dan bantuan subsidi upah (BSU) di Kantor Pos Cabang Balikpapan, Selasa.

3. Kemenkes perkuat CERDIK dan PATUH atasi stroke di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan terus memperkuat promosi kesehatan melalui penerapan gaya hidup CERDIK dan PATUH untuk mengubah perilaku masyarakat hidup lebih sehat yang dapat mengatasi stroke di Indonesia.

“Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Populasi sehat harus kita upayakan tetap sehat, populasi berisiko menjadi lebih sehat dan populasi penyandang penyakit tidak menular (PTM) diharapkan bisa dilakukan treatment di puskesmas,” kata Direktur P2PTM Kemenkes Eva Susanti dalam Temu Media Hari Stroke Sedunia 2022 yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

4. Nadiem targetkan 600 ribu guru honorer jadi PPPK

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menegaskan komitmen Pemerintah untuk menyejahterakan guru termasuk menargetkan 600 ribu guru honorer untuk menjadi PPPK pada tahun 2023.

"Kami juga berharap agar semua guru honorer dapat segera menjadi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) pada tahun 2023. Tahun lalu sudah ada sekitar 300 ribu guru honorer menjadi PPPK dan tahun ini Alhamdulillahnya semakin banyak pemda yang bersemangat mendukung, sehingga kita dapatkan formasi sekitar 319 ribu," kata Nadiem saat melakukan kunjungan kerja di Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa.

 

5. Perpusnas: Perpustakaan benteng hadapi hoaks

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando mengatakan perpustakaan merupakan benteng utama dalam menghadapi hoaks dan disinformasi.

“Sebagai orang dewasa, kita perlu menunjukkan pentingnya perpustakaan sebagai referensi bagi anak-anak. Terutama dalam era gempuran media sosial yang mana mudah ditemukan hoaks,” ujar dia di sela-sela General Conference of Directors of National Libraries in Asia and Oceania (CDNLAO) di Jakarta, Selasa.

Pewarta: Indriani
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © 2022