Jakarta () – Sejumlah berita Rabu (3/9/2022) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari mahasiswa UNM ciptakan alat deteksi dini puting beliung hingga pemerintah targetkan kemiskinan ekstrem berkurang 1 persen per tahun. Berikut berita-berita tersebut :

1. Mahasiswa UNM ciptakan alat deteksi dini puting beliung

Arham, salah satu mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar (UNM) asal kabupaten Bone, berhasil menciptakan teknologi berbasis digital peringatan dini (early warning system) untuk deteksi awal bencana puting beliung.

Arham dalam keterangannya di Makassar, Rabu mengatakan melalui alat mikrokontroler yang diciptakan, warga setiap saat menerima notifikasi status potensi bencana melalui pesan singkat SMS.

2. Dinas Sosial: Paket beras diduga bansos yang dikubur bukan untuk Depok

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Jawa Barat menyatakan bahwa paket beras yang diduga bantuan sosial (bansos) yang dikubur di lahan kosong di Jalan KSU, Tirtajaya, Sukmajaya, bukan untuk warga Depok.

Kepala Dinsos Kota Depok, Asloeh Madjri di Depok, Rabu mengatakan bahwa paket beras itu tidak ada kaitannya dengan bansos untuk Kota Depok dan bukan bersumber dari pemerintah kota dan juga bukan untuk warga Depok.

Baca juga: Dinas Sosial: Paket beras diduga bansos yang dikubur bukan untuk Depok

3. Pemerintah target kemiskinan ekstrem berkurang 1 persen per tahun

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah telah menargetkan pengurangan tingkat kemiskinan ekstrem sebesar 1 persen setiap tahun hingga 2024.

"Saya minta kita fokus menurunkan tingkat kemiskinan ekstrem minimal 1 poin persentase setiap tahun, mulai tahun 2022 ini," kata Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan pengantar rapat di istana wakil presiden Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemerintah target kemiskinan ekstrem berkurang 1 persen per tahun

4. Kemensos bantu masyarakat Lanny Jaya terdampak cuaca ekstrem

Kementerian Sosial memberikan bantuan untuk masyarakat Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Papua yang menghadapi krisis pangan, dampak cuaca ekstrem.

Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung memerintahkan jajarannya mengirimkan bantuan, setelah mengetahui cuaca ekstrem menyebabkan gagal panen, sehingga masyarakat Distrik Kuyawage krisis pangan.

Baca juga: Kemensos bantu masyarakat Lanny Jaya terdampak cuaca ekstrem

5. Wapres: Pemerintah libatkan pemda dan swasta hapus kemiskinan

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa pemerintah pusat menggandeng pemerintah daerah (pemda) dan pihak swasta dalam program penghapusan kemiskinan.

"Mulai tahun 2022 ini, APBD di provinsi dan kabupaten juga menganggarkan (program penghapusan kemiskinan), kemudian juga ada swasta, dilibatkan swasta untuk mengambil bagian dengan demikian kita harapkan hasilnya akan bisa lebih baik," kata Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Wapres: Pemerintah libatkan pemda dan swasta hapus kemiskinan

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022