Jakarta () – Sejumlah berita Sabtu (17/10) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari kegiatan susur sungai yang menewaskan 11 siswa MTs di Ciamis hingga pembukaan STQ Nasional di Sofifi, Ternate. Berikut berita-berita tersebut

1. Kemenag: Kegiatan susur sungai tewaskan 11 siswa MTs harus dievaluasi

Direktur Jenderal Pendidikan Islam pada Kementerian Agama M Ali Ramdhani menegaskan kegiatan susur sungai yang menewaskan 11 siswa MTs Harapan Baru di Ciamis, Jawa Barat, harus dievaluasi.

"Kegiatan yang berisiko tinggi harus benar-benar memperhatikan aspek keselamatan. Ini akan kami evaluasi," ujar dia, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu,

2. Ma'ruf Amin minta kepala daerah di Papua perkuat perencanaan

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, meminta kepala daerah yang wilayahnya masuk dalam prioritas 2021 di Provinsi Papua untuk memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD masing-masing, khususnya yang sesuai dengan karakteristik miskin ekstrem di wilayah masing-masing.

"Anggaran bukan masalah utama dalam upaya penanggulangan kemiskinan ekstrem, karena anggaran kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah cukup besar, namun tantangan terbesar kini adalah bagaimana membuat program-program tersebut konvergen dan terintegrasi dalam menyasar sasaran yang sama," katanya.

3. Menteri Agama buka STQ Nasional di Sofifi

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, Provinsi Maluku Utara, Sabtu, dalam rangka membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI di Sofifi, 16-25 Oktober 2021.

Kedatangan Menteri Agama Yaqut Qoumas di daerah itu dengan menggunakan pesawat Batik Air, lain disambut Wakil Gubernur Malut M. Al Yasin Ali, Forkompimda Provinsi Maluku Utara, dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Malut Sarbin Sehe serta Tarian Soya-soya dan Ritual Joko Kaha.

4. Basarnas evakuasi tiga korban meninggal akibat gempa di Bali

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar menyatakan tim SAR gabungan telah mengevakuasi tiga korban meninggal akibat gempa bumi di Desa Trunyan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dan di Desa Ban Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem, Bali.

"Ada tiga korban jiwa, dua di nya dari Desa Trunyan, Kintamani, Bangli. Satu lainnya dari Desa Ban, Karangasem. Selain itu, ada dua korban luka yang selamat dari Desa Trunyan, Bangli," jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar, Gede Darmada dalam siaran pers yang diterima di Denpasar, Bali, Sabtu.

5. Polres Ciamis selidiki kasus tewasnya 11 siswa saat kegiatan Pramuka

Kepolisian Resor Ciamis terus menyelidiki lebih lanjut terkait tewasnya 11 siswa Mts Harapan Baru Ciamis yang terbawa arus Sungai Cileueur, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, saat kegiatan Pramuka untuk mengetahui ada atau tidaknya unsur kelalaian.

"Entah itu awalnya kelalaian atau bagaimana yang pasti kami akan profesional dalam melakukan pemeriksaan ini, kami juga proporsional," kata Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono saat jumpa pers di Ciamis, Sabtu.***3***

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © 2021