Jakarta () – Berikut adalah berita humaniora kemarin (21/12) yang menarik dan layak dibaca pagi ini, lain karantina gratis bagi pekerja migran Indonesia (PMI), pelajar tamat studi di luar negeri dan aparatur sipil negara.

Kemudian berita terkait rencana perombakan kurikulum SMK dan penegakan hukum untuk mencegah gelombang ketiga pandemi COVID-19.

Satgas: Karantina gratis hanya bagi PMI pelajar dan pegawai pemerintah

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menegaskan fasilitas karantina terpusat dengan biaya ditanggung pemerintah hanya untuk PMI pelajar tamat studi di luar negeri dan aparatur sipil negara atau pegawai pemerintah yang kembali dari penugasan.

"Warga negara Indonesia yang tidak termasuk kriteria yang disebut dipersilakan menjalani karantina di tempat akomodasi karantina atau hotel yang mendapatkan rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)," kata Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Hery Trianto dalam pernyataan di Jakarta, Selasa.

Kemendikbudristek gandeng GSM lakukan perombakan kurikulum SMK

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) dalam perombakan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Perombakan kurikulum SMK akan melibatkan GSM, karena selain dipersiapkan purwarupanya juga perubahan pola pikir juga sangat diperlukan,” ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Pemerintah terapkan penegakan hukum cegah gelombang ketiga pandemi

Pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan penegakan hukum dalam upaya mencegah gelombang ketiga pandemi COVID-19 sebelum dan sesudah periode Natal dan Tahun Baru 2022.

"Contohnya, akan dikeluarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk penerapan dan penegakan PeduliLindungi," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy saat memimpin konferensi pers "Persiapan Akhir Menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru" secara daring yang diikuti melalui Zoom di Jakarta, Selasa.

Satgas: Pemerintah tambah tiga tempat karantina bagi pelaku perjalanan

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemerintah Prof. Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa pemerintah menambah tiga tempat atau lokasi karantina untuk para pelaku perjalanan internasional.

“Saat ini direncanakan terdapat tiga fasilitas karantina terpusat tambahan di DKI Jakarta,” kata Wiku dalam Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 secara daring diikuti di Jakarta, Selasa.

Satgas COVID-19 minta masyarakat tetap tenang tunggu Omicron diteliti

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemerintah Prof. Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap tenang menunggu karakteristik varian Omicron yang masih dalam penelitian.

“Masyarakat diminta tetap tenang dan ikut serta membuat suasana kondusif, memantau situasi kondisi terkini dengan mengikuti update dari pemerintah,” kata Wiku dalam Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 secara daring diikuti di Jakarta, Selasa.

Satgas: Ribuan desa dan kelurahan di Indonesia masih tak patuhi prokes

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemerintah Prof. Wiku Adisasmito menyebutkan bahwa masih ada ribuan desa atau kelurahan di Indonesia yang masih tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama masa pandemi COVID-19.

Kemenag: Pemberangkatan generasi awal umrah perlu strategi mitigasi

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief mengemukakan agenda pemberangkatan jemaah umrah generasi awal saat pandemi COVID-19 memerlukan strategi mitigasi yang optimal.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © 2021