Jakarta () – Beberapa berita humaniora mendapatkan perhatian pembaca pada Jumat (21/1), mulai dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mengonfirmasi 87 orang jamaah umrah Indonesia terkonfirmasi positif COVID-19.

Terkait umrah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan juga meminta agar alur keberangkatan dan kedatangan diatur sebaik mungkin setelah terjadi peningkatan jamaah di tengah merebaknya varian Omicron.

Terdapat pula pemberitaan mengenai batu gamping di Bukit Langara di Kalimantan Selatan yang berasal dari fosil binatang laut yang membeku dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyoroti pentingnya adaptasi menghadapi fenomena alam di Selat Sunda.

Berikut beberapa berita humaniora kemarin yang masih menarik dibaca pada hari ini:

Kemenkes: 87 jamaah umroh Indonesia terkonfirmasi positif COVID-19

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi terdapat 87 jamaah umrah Indonesia pada pemberangkatan 8 Januari 2022 terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan sepuluh orang di nya sampelnya tengah diperiksa karena diduga (probable) terpapar varian Omicron.

Luhut minta alur perjalanan jamaah umrah diatur sebaik mungkin

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar alur keberangkatan dan kedatangan jamaah umrah bisa diatur sebaik mungkin, menyusul peningkatan jamaah di tengah merebaknya varian Omicron dari COVID-19.

Batu Bukit Langara Loksado Kalsel merupakan fosil binatang laut

Kepala Bidang Air Tanah, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Selatan Ali Mustofa mengatakan hasil penelitian menemukan fakta batu gamping di Bukit Langara di provinsi itu berasal dari fosil binatang laut yang membeku.

BMKG: Fenomena alam Selat Sunda jadi bencana jika tidak beradaptasi

Peneliti ahli madya BMKG Mohamad Ramdhan mengatakan fenomena alam, seperti gempa, tsunami dan erupsi di Selat Sunda akan menjadi bencana jika masyarakat tidak beradaptasi. Hal itu menjadi penting ln kawasan tersebut memiliki potensi gempa maksimal Magnitudo 8,7 dengan potensi tsunami hingga 20 meter.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © 2022