Jakarta () – Sejumlah berita Senin (5/12) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari Gunung Semeru masih meluncurkan awan panas guguran hingga Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membatasi kedalaman pengeboran sumur air tanah di daerah bencana alam maksimum 50 meter. Berikut berita-berita tersebut :

1. Gunung Semeru masih luncurkan awan panas guguran
 

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut masih meluncurkan awan panas guguran dengan amplitudo 25 mm dan lama gempa 386 detik pada Senin.
 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru, Mukdas Sofian di Gunung Sawur dalam laporan tertulisnya mengatakan bahwa aktivitas Gunung Semeru pada periode pengamatan 5 Desember 2022 pukul 00.00-06.00 WIB mengalami satu kali awan panas guguran dengan amplitudo 25 mm dan lama gempa 386 detik.
 

2. Presiden : Tak semua rumah di desa terdampak gempa direlokasi
 

Presiden Joko Widodo mengatakan tidak semua rumah di desa terdampak gempa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan direlokasi, dan hanya yang dititik rawan dan pusat gempa akan dipindahkan, sedangkan rumah yang dinilai aman dari pusat gempa dapat dibangun kembali.
 

"Hanya rumah yang terletak di pusat gempa dan titik rawan di Kecamatan Cugenang akan direlokasi, untuk rumah atau perkampungan yang dinilai aman berdasarkan kajian BMKG dan instansi terkait yang dapat dibangun kembali mulai Kamis (8/12)," katanya saat meninjau lokasi relokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Senin.
 

3. PVMBG: Tak ada hubungan asap putih Gunung Raung dengan erupsi Semeru
 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menepis anggapan publik tentang Gunung Raung yang pada Senin (5/12) 2022 mengeluarkan asap putih setinggi 100 meter berkaitan dengan aktivitas erupsi yang terjadi pada Gunung Semeru di Jawa Timur.
 

Koordinator Gunung Api PVMBG Oktory Prambada menjelaskan bahwa gunung api memiliki dapur magmanya sendiri, karakter sendiri, dan sifatnya sendiri.

Menurutnya, erupsi gunung api juga bukan seperti COVID-19 yang mudah menular begitu saja ke gunung api lainnya.
 

4.Petugas dan warga evakuasi hewan ternak di zona merah bencana Semeru
​​​​​​​

Petugas dan warga mulai mengevakuasi hewan ternak di zona merah bencana Gunung Semeru yang berada di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin.
 

"Hari ini masyarakat mulai mengevakuasi hewan ternak dibantu petugas di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, sedangkan di Kampung Renteng relatif aman," kata Sekretaris Desa Sumberwuluh Samsul Arif di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.
 

5. Badan Geologi: Dalam sumur bor air tanah maksimum 50 m di area bencana
 

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membatasi kedalaman pengeboran sumur air tanah di daerah bencana alam maksimum 50 meter.
​​​​​​​

Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM Rita Susilawati mengatakan, pihaknya saat ini melakukan pengeboran sumur air tanah untuk membantu para penyintas gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, agar bisa mendapatkan air bersih.

 

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © 2022