Jakarta () – Sejumlah berita Rabu (18/5/2022) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari Festival Rujak Uleg di kota tua Surabaya hingga Pusat UTBK UNJ menemukan adanya empat peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang terindikasi melakukan kecurangan. Berikut berita-berita tersebut :

1. Festival Rujak Uleg momentum hidupkan kota tua di Surabaya

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata Kota Surabaya menilai Festival Rujak Uleg yang bakal digelar malam hari pada Minggu (22/5) menjadi momentum menghidupkan kota tua di Kota Pahlawan, Jatim.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Rabu, mengatakan, Festival Rujak Uleg di Jalan Kembang Jepun, Surabaya yang sudah vakum selama dua tahun akibat pandemi ini akan diikuti oleh sekitar 780-an peserta dengan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman.

2. Menag ke Saudi pastikan layanan jamaah haji sudah siap

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertolak ke Arab Saudi, Rabu dini hari untuk memastikan layanan yang akan diberikan ke jamaah haji sudah siap.

"Dini hari ini, saya berangkat ke Arab Saudi. Ini adalah pemberangkatan jamaah haji kali pertama setelah tertunda dua tahun karena pandemi. Saya ingin memastikan seluruh layanan untuk jemaah sudah siap," kata Menag Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Baca juga: Menag ke Saudi pastikan layanan jamaah haji sudah siap

3. Indonesia-Jepang siapkan pilot project pelatihan perawat lansia Jepang

Kementerian Ketenagakerjaan bersama Hinode Social Welfare Corporation, Jepang tengah mempersiapkan program pelatihan pilot project di tahun ini sebagai calon perawat lansia di Jepang melalui skema Specified Skilled Workers (SSW).

"Hal ini tentunya merupakan peluang sangat baik bagi SDM Indonesia yang ingin bekerja sebagai perawat lansia/ caregiver di Jepang mengingat Jepang tertarik atas kemampuan dan sikap tenaga kerja Indonesia yang dikenal dengan ramah dan sopan," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui siaran pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Indonesia-Jepang siapkan pilot project pelatihan perawat lansia Jepang

4. Pusat UTBK UNJ temukan peserta yang terindikasi lakukan kecurangan

Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menemukan sebanyak empat peserta yang terindikasi melakukan kecurangan pada hari kedua pelaksanaan UTBK.

“Hari ini, kami temukan empat peserta yang terindikasi melakukan kecurangan dengan membawa peralatan yang membantunya dalam mengerjakan soal saat ujian,” ujar Ketua Pusat UTBK UNJ, Prof Suyono, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pusat UTBK UNJ temukan peserta yang terindikasi lakukan kecurangan

5. Epidemiolog UGM nilai pelonggaran aturan masker sudah tepat

Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Riris Andono Ahmad menilai kebijakan pemerintah melonggarkan aturan pemakaian masker sudah tepat karena saat ini risiko penularan COVID-19 di Indonesia sudah menurun.

"Meskipun sekarang kita tahu bahwa herd immunity itu tidak akan terjadi, tetapi semakin banyak orang di populasi yang mempunyai kekebalan akan menyebabkan risiko penularannya menjadi rendah. Indonesia pada saat ini dalam situasi seperti itu," kata Riris Andono saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu.

Baca juga: Epidemiolog UGM nilai pelonggaran aturan masker sudah tepat

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © 2022