Jakarta () – Sejumlah berita Kamis (5/1/2023) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari BNPB minta warga korban gempa tidak terima bantuan rumah dari pihak lain hingga Presiden tekankan pembangunan infrastruktur harus ramah lingkungan. Berikut berita-berita tersebut:

1. Warga korban gempa diminta tidak terima bantuan rumah dari pihak lain

BNPB meminta warga korban gempa Cianjur, Jawa Barat, tidak menerima bantuan pembangunan kembali rumah mereka dari berbagai kalangan termasuk organisasi kemanusiaan kecuali untuk hunian sementara (huntara) karena akan menggugurkan bantuan dari pemerintah.

Kepala BNPB dan Bupati Suharyanto di Cianjur Rabu, mengatakan pihaknya akan menggelar rapat bersama Pemerintah Kabupaten Cianjur, relawan dan organisasi selain pemerintah atau non-goverment organitation (NGO) terkait aturan pemberian dan penerimaan bantuan untuk penyintas gempa.

2. KemenPPPA: Cegah penculikan, masyarakat diminta waspada menjaga anak

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nahar meminta masyarakat untuk lebih waspada dalam menjaga anak.

"Masyarakat untuk lebih sensitif lagi memahami adanya kemungkinan anak berada dalam ancaman penculik atau orang lain yang punya niat jahat," tutur Nahar dalam keterangan, Jakarta, Rabu.

3. Polda Banten imbau warga waspadai erupsi Gunung Anak Krakatau

Kepolisian Daerah ( Polda) Banten mengimbau warga pesisir agar mewaspadai erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) di Perairan Selatan Sunda guna menghindari letusan gunung api itu.

"Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), GAK kembali erupsi pada Kamis (05/01) sekitar pukul 00.13 WIB," kata Kepala Bagian Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga dalam keterangannya di Serang, Kamis.

4. Presiden tekankan pembangunan infrastruktur harus ramah lingkungan

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin keberlangsungan hidup satwa liar.

"Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam titik," kata Presiden usai meninjau perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai dalam keterangannya yang dikutip via Website: https://www.presidenri.go.id dan youtube Sekretariat Presiden, Kamis, (5/1).

5. Dokter peringatkan potensi penularan TBC melalui droplet

Dokter spesialis anak Rumah Sakit Ibu dan Anak Harapan Kita Jakarta Dimas Dwi Saputro memperingatkan potensi penularan tuberkolosis (TBC) dapat terjadi pada anak yang dapat ditularkan melalui droplet atau percikan air liur, serupa dengan penularan COVID-19.

Dalam diskusi virtual Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diikuti dari Jakarta, Kamis, Dimas menjelaskan bahwa penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang umumnya menyerang paru-paru, meski dapat juga berdampak kepada bagian tubuh lain.

Pewarta: Indriani
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © 2023