Jakarta () – Pada Selasa (20/12) banjir melanda bagian wilayah Aceh Timur dan memaksa warga mengungsi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan mengenai kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrem selama libur Natal dan Tahun Baru, dan Gunung Semeru mengalami 20 kali gempa letusan.

Selain itu, ada warta mengenai peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 dan kegiatan Presiden Joko Widodo yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Sebanyak 116 keluarga di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, mengungsi karena permukiman mereka kebanjiran. Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Timur Ashadi mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang turun dalam sepekan terakhir telah menimbulkan banjir dan tanah longsor di beberapa kecamatan.

Kondisi cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat Natal dan Tahun Baru

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati meminta warga mewaspadai kemungkinan terjadi kondisi cuaca ekstrem saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Menurut dia, ada empat fenomena yang dapat memicu hujan lebat sampai ekstrem di beberapa wilayah Indonesia selama kurun itu.

Aktivitas Gunung Semeru masih didominasi erupsi dan guguran

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur Yadi Yuliandi mengatakan bahwa Gunung Semeru selama periode pengamatan tanggal 20 Desember 2022 pukul 00.00-06.00 WIB mengalami 20 kali gempa letusan dengan amplitudo 10-23 mm selama 45-115 detik. Gunung api di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, itu statusnya siaga.

Vaksinasi COVID-19 penguat sudah mencakup 68,01 juta penduduk

Penduduk Indonesia yang telah menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga sebagai penguat pertama bertambah 41.117 orang menjadi 68.014.914 juta orang menurut data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Selasa.

Presiden dan Ibu Negara tanam kurma di area Bendungan Semantok

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menanam bibit pohon kurma di area Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, yang baru diresmikan.

​​​​​​​

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Maryati
COPYRIGHT © 2022